Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CEDERA ACL

CEDERA ACL


Gambar anatomi lutut manusia

Cedera  ACL adalah sesuatu yang wajar terjadi pada atlet,salah satunya adalah cedera ACL(Anterior Cruciate Ligaments).Acl merupakan salah satu ligamen utama yang berada di lutut.Fungsi acl sendiri adalah untuk menstabilkan gerakan tulang di lutut.

Cedera yang terjadi di ligamen tersebut biasanya terjadi akibat adanya perubahan mendadak pada arah persendian di lutut. Ketika cedera terjadi, kemungkinan akan terdengar bunyi kecil yang diikuti dengan rasa nyeri serta pembengkakan.

Tergantung pada tingkat keparahan dan seberapa berat aktivitas yang dilakukan, ligamen bisa saja robek sebagian atau bahkan seluruh bagiannya.  Cedera yang muncul bisa ringan, yang hanya robek sedikit, atau parah saat semua ligamen sobek.

Cedera ligamen lutut anterior bisa ditangani oleh dokter spesialis kedokteran olahraga. Dokter akan menanyakan gejala dan keluhan yang dialami pasien, termasuk riwayat gerakan, olahraga, dan aktivitas sebelumnya.
Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik di area tungkai dan lutut. Beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan, meliputi melihat dan membandingkan lutut yang normal dan bermasalah, serta menilai ROM (range of motion) atau kemampuan rentang gerak yang mampu dilakukan oleh pasien.
Untuk memastikan diagnosis, dokter akan dilakukan pemeriksaan penunjang berikut:
Foto Rontgen, untuk memeriksa adanya retak atau patah tulang pada area lutut
MRI, untuk melihat tulang dan jaringan lunak yang bermasalah
Arthoscopy, untuk memeriksa sendi dan kerusakan yang terjadi dengan alat khusus yang memiliki lensa
Penanganan untuk robeknya ACL terdiri dari tindakan nonbedah, bedah, dan rehabilitasi. Jenis tindakan yang dipilih tergantung pada kebutuhan individu pasien. Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing tindakan:

1. Nonoperasi Cedera ACL

Pada dasarnya, ligamen lutut yang robek tidak dapat sembuh tanpa operasi. Namun, tindakan nonbedah dapat diberikan pada pasien yang tua atau yang sangat jarang bergerak.
Apabila kestabilan lutut dan tubuh secara keseluruhan tidak mengalami perubahan yang signifikan, dokter akan merekomendasikan jenis perawatan ini.
Bracing
Dokter akan menyarankan Anda untuk mengenakan brace untuk menjaga kestabilan lutut Anda. Anda juga mungkin akan diberikan kruk agar Anda lebih mudah berjalan.
Terapi fisik
Apabila pembengkakan mereda, terapi fisik atau fisioterapi akan direkomendasikan. Olahraga dan latihan tubuh tertentu dapat mengembalikan fungsi lutut Anda, serta meluruskan otot kaki yang mendukung pergerakan lutut.

2. Operasi Cedera ACL

Dokter Anda dapat merekomendasikan operasi jika Anda adalah seorang atlet dan ingin melanjutkan pekerjaan Anda yang berkaitan dengan olahraga tersebut, terutama olahraga berintensitas tinggi dengan gerakan melompat, memotong atau berputar.
Selain itu, operasi sangat disarankan apabila terdapat lebih dari satu ligamen atau tulang rawan di lutut Anda yang cedera. Operasi juga ditujukan untuk orang-orang yang masih muda dan aktif bergerak.
Operasi dilakukan dengan tujuan merekonstruksi ACL. Pertama-tama, dokter bedah akan mengangkat ligamen yang rusak dan menggantinya dengan tendon dari salah satu bagian tubuh Anda. Pergantian jaringan ini disebut dengan graft.

3. Rehabilitasi Cedera ACL

Rehabilitasi penting untuk dilakukan, baik bagi Anda yang menjalani prosedur operasi maupun tidak. Terapi rehabilitasi berperan besar dalam mengembalikan fungsi tubuh, terutama lutut Anda.
Terapi fisik dapat membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan dan pergerakan lutut seperti sedia kala. Rehabilitasi biasanya dilakukan selama 6 sampai 9 bulan setelah perawatan.
Umumnya, orang yang menderita kondisi ini dan menjalani operasi memiliki kesempatan yang besar untuk sembuh. Persentase untuk memiliki kaki yang kembali normal dan sehat adalah 92-95%.
Namun, dalam kasus yang sangat jarang terjadi, sekitar 8% pasien mengalami ketidakstabilan lutut permanen akibat operasi yang gagal

Kuncoro
Kuncoro Halo saya Dery Yudha Kuncoro terima kasih