Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3 Kontrol Laptop Mempermudah Pekerjaan Yang Mungkin Belum Diketahui

3 Tips dan Trik Mudah Kontrol Laptop Yang Mungkin Belum Diketahui

Laptop

Laptop atau yang sering disebut komputer jinjing adalah suatu komputer pribadi yang memiliki ukuran relatif menjadi kecil dan memiliki berat yang lebih ringan. Pada zaman sekarang banyak orang yang beralih menggunakan laptop dari pada PC karena laptop lebih mudah dibawa kemana saja tanpa ribet.

Laptop biasanya digunakan sebagai media untuk membantu suatu pekerjaan seseorang menjadi lebih mudah dan simpel. Tetapi didalam sebuah laptop ada banyak sekali kode dan kontol yang masih tersembunyi yang mungkin masih belum diketahui.

Kontrol tersebut biasanya bisa mempermudah pekerjaan kita untuk melakukan sesuatu di laptop. Untuk itu gue disini akan memberikan beberapa kontrol yang mungkin masih belum diketahui oleh Anda yang mungkin bisa mempermudah pekerjaan Anda agar tidak ribet dalam melakukannya.

3 Kontrol Laptop Agar Tidak Ribet

1. Screenshot

Mungkin sudah banyak orang yang tau kontrol di laptop untuk melakukan screenshot tetapi juga masih banyak juga yang belum tau dan kebingungan bagaimana si cara melakukan screenshot di laptop.

Sebenarnya hal tersebut sangatlah mudah bagi yang sudah mengetahuinya. Karena kadang kala kita tidak mengetahui kontrol-kontrol yang ada di laptop.Mungkin screenshot sangatlah membantu bagi kalian yang ingin melakukan tangkap layar di laptop untuk mengabadikan sesuatu agar hasilnya lebih rapi dari pada mengambil foto lewat kamera.

Berikut ini cara melakukan screenshot di laptop:
  1. Pilihlah layar yang akan di ambil gambarnya
  2. Apabila kalian pengguna Windows tinggal tekan tombol Print Screen atau Print Screen+ Windows di keyboard kalian
  3. Setelah itu pergi ke File Explorer → Pictures → lalu ke Folder Screenshot di situlah hasil screenshot Anda.
Cara Screenshot
Cara Screenshot

2. Split Screen

Kadang kalian ingin membagi layar menjadi dua untuk menulis atau mengerjakan sesuatu menjadi lebih mudah. Tetapi kalian mungkin masih belum tau cara mudah membagi dua layar atau split screen di laptop dengan mudah. 

Mungkin kalian masih menggunakan cara manual dengan cara di minimize lalu di atur ukurannya sendiri agar seimbang. Sebenarnya ada kontrol yang mempermudah kalian untuk membagi layar menjadi dua agar tidak ribet.

Berikut ini cara mudah melakukan Split Screen di laptop:
  1. Plihlah layar yang akan di bagi menjadi dua atau split screen.
  2. Klik sembarang di layar tersebut lalu tekan tombol Windows+ arah </> di keyboard
  3. Apabila kalian ingin membagi layar disebelah kanan maka tekan tombol Windows+ arah > (kanan), lalu apabila ingin membagi layar di sebelah kiri tekan tombol Windows+ arah < (kiri)
Cara Split Screen
Contoh Split Screen


3. Picture in Picture

Apabila kalian ingin membuka satu tab di laptop misal sedang menulis di Microsoft word atau apapun itu mungkin kalian kadang ingin melakukan kegiatan tersebut sambil menonton Youtube untuk mendapat hiburan. Hal yang perlu di lakukan yaitu picture in picture di video tersebut.

Tetapi mungkin masih banyak yang bingung dan belum tau bagaimana si cara melakukan picture in picture di laptop agar bisa nonton Youtube ketika sedang melakukan kegiatan yang hanya di satu tab saja.

Berikut ini cara melakukan picture in picture di laptop dengan mudah:
  1. Pilihlah video di Youtube yang ingin kalian tonton.
  2. Lalu putar video tersebut.
  3. Setelah itu klik kanan dua kali di video tersebut.
  4. Lalu pilih opsi picture in picture
Cara Picture in picture
 klik kanan dua kali di video lalu pilih Picture in picture

Cara Picture in Picture
Hasil picture in picture

Kuncoro
Kuncoro Halo saya Dery Yudha Kuncoro terima kasih