Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Penting Untuk Sukses Yoga

Tips Memulai Yoga

Yoga bersama, yoga pemula, tips yoga, yoga diet

Yoga adalah sebuah jenis olahraga dimana aktivitas yang dilakukan yaitu untuk mengolah pikiran, tubuh, kelenturuan, pernapasan, dan juga sangat bagus untuk meningkatkan kualitas mental yang ada pada diri kita.

Dimana yoga sudah terbukti meredakan masalah stres dengan menggunakan latihan yang menyatukan jiwa, tubuh, dan pikiran. Jika Anda baru saja mengenal yoga, maka tulisan ini sangat cocok yoga untuk pemula. Inilah 7 tips penting untuk para pemula yang baru memulai Yoga

7 Tips Penting Bagi Pemula

1. Konsultasi Ke Dokter 

Konsultasi Dokter

Langkah awal sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter. Bicaralah dengan dokter dan jelaskan jenis pose yoga yang ingin Anda praktekkan. Tunjukkan gambar pose gerakan yoga ke dokter sebagai ilustrasi. Maka Dokter mungkin akan mengesampingkan pose tertentu jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, glaukoma, riwayat ablasi retina, atau penyakit jantung. Pastikan Anda mengikuti rekomendasi dokter Anda terlebih dahulu demi kesehatan dan keselamatan Anda

2. Carilah Kelas Yoga

Yoga

Langkah kedua yang harus dilakukan yaitu carilah kelas Yoga terlebih dahulu. Carilah kelas yoga yang sesuai dengan Anda dan merasa cocok. Bicarakan terlebih dahulu dengan calon guru dan tanyakan apakah  dapat menangani suatu program yang anda inginkan sebelum Anda mendaftar. Sangat penting untuk melakukannya selangkah demi selangkah. Untuk itu maka cobalah untuk mencari kelas pemula sebelum mencoba kelas yang lebih berat. Jangan bergerak maju terlalu cepat. Sehingga bisa untuk menyesuaikan diri dengan latihan yoga yang baru dilakukan.

3. Ukur Kemampuan Tubuh

Ukur kemampuan diri

Langkah ketiga yaitu sebaiknya ukur kemampuan tubuh  Anda dan sadari kemampuan fisik yang Anda miliki, sehingga Anda tidak melukai diri sendiri. Pastikan instruktur memahami tingkat kemampuan dan batasan yang Anda miliki. Jangan biarkan siapa saja mendorong Anda terlalu cepat. Ingat, ini seharusnya menyenangkan dan menenangkan bukan memberikan masalah.

4. Yoga Di rumah

Yoga

Apabila Anda tidak menemukan kelas yang cocok dengan kebutuhan Anda maka yang dapat dilakukan yaitu Anda dapat berlatih yoga di rumah. Apalagi pada zaman sekarang banyak sekali refrensi untuk memulai yoga di rumah salah satunya yaitu dari Youtube. Cari yang terbaik Untuk Anda. Untuk itu bicaralah dengan orang lain untuk mendapatkan berbagai rekomendasi tentang yoga.

5. Les Privat 

Yoga

Apabila kalian bingung untuk melakukan yoga dirumah maka alangkah lebih baiknya kelian bisa mencoba les privat yoga. Dimana Anda dapat melakukan yoga sesuai jadwal yang kalian inginkan hanya dengan seorang guru. Hal tersebut sangat baik karena biasanya instruktur yoga yang menawarkan kelas privat dapat membantu Anda merancang program sesuai dengan yang Anda inginkan sendiri. Hal ini merupakan cara yang bagus untuk memulai.

6. Carilah Teman

Mengobrol dengan teman

Cari  seorang teman yoga yang mungkin dapat membantu Anda. Karena hal tersebut dapat menambah ilmu Anda agar semakin berkembang serta agar lebih termotivasi dan lebih semangat untuk melakukan aktivitas yoga. 

7. Memilih Makanan

Makanan

Langkah terakhir yaitu sebaiknya Anda memilih makanan yang ringan pada saat sebelum latihan. Sebaiknya tunggu setidaknya dua jam setelah makan sebelum Anda latihan yoga. Karena perut kosong adalah yang terbaik, tetapi jangan pernah biarkan diri Anda terlalu lapar dan tidak memakan apa-apa. Karena hal tersebut akan menyebabkan Anda tidak akan bisa fokus pada pose atau pada saat gerakan relaksasi atau latihan meditasi.

Semoga Bermanfaat:)

Kuncoro
Kuncoro Halo saya Dery Yudha Kuncoro terima kasih