Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Dasar Footwork Dalam Bola Basket

Lebron James vs Kevin Durant, NBA, OKC, HEAT, Miami, Oklahoma, LBJ, KD

Gerakan footwork dalam bola basket yaitu gerakan kaki atau footwork yang merupakan sebuah dasar yang sangat penting dalam permainan bola basket. Gerak kaki sangatlah berguna yaitu memungkinkan pemain mendapatkan ruang untuk shot, memungkinkan untuk mengalahkan pemain dalam kecepatan, dan memungkinkan pemain untuk bertahan dengan baik. Dimana gerak kaki dan kelincahan yang baik meningkatkan setiap aspek permainan dan keterampilan pemain bola basket.

Memang bagi para penonton menyaksikan pertandingan bola basket sangatlah menyenangkan. Namun bagi para pemain basket, pertandingan tidak hanya menyenangkan namun menantang bagi mereka untuk mengalahkan sebuah tim. 

Pasti dalam pertandingan akan banyak sekali tekanan yang dialami para pemain setiap kali mereka berada di dalam lapangan setiap pertandingan. Para pemain pasti selalu berharap untuk membuat timnya menang dan mengumpulkan skor lebih banyak dari lawannya. Selain ingin memperoleh kemenangan, para pemain pasti juga ingin menunjukan skill permainannya ke pada khalayak.

Dalam budaya NBA banyak sekali ikon pemain terbaik, seperti Kobe Bryant, Michael Jordan, Lebron James, dan masih banyak lagi. Dimana mereka di anggap menjadi pemain terbaik sepanjang masa atau greatest of all time (GOAT). Sehingga setiap pemain bola basket pasti selalu bermimpi untuk menjadi sebuah ikon dalam olahraga dan menginspirasi banyak orang di dunia ini.

Seiring berkembangnya zaman, pada masa sekarang banyak sekali pusat latihan baik secara individu atau tim, dimana para pelatih menawarkan untuk membantu para pemain agar bisa mengembangkan skill, sikap, mental, fisik , dan teknik yang tepat dalam bermain bola basket. 

Untuk itu disini gue akan membahas tentang footwork atau gerakan kaki yang ada didalam olahraga bola basket. Yuk langsung saja cekidot.

Footwork dalam Bola Basket

stephen curry workout, stephen curry, footwork, NBA, USA

Footwork

Footwork yang kuat merupakan salah satu keterampilan dan karakteristik dasar yang harus dimiliki oleh pemain bola basket agar dapat menjadi pemain yang baik. Dimana olahraga bola basket sangat bergantung pada kekuatan kaki pada saat bermain.

Gerak kaki yang kuat sangat diperlukan dalam melaksanakan tugas dan teknik dasar bola basket seperti defense, rebound, shooting, offense dan masih banyak lagi. Olahraga bola basket merupakan olahraga yang sangat mengandalkan kekuatan fisik sehingga tanpa dasar yang kuat dari kekuatan kaki, maka Anda akan mudah jatuh atau pun cedera saat sedang bertanding.

Karena pada dasarnya ketika sedang bertanding basket Anda pasti akan selalu melompat. berlari, saling dorong dan berjalan selama pertandingan bola basket berlangsung. Dimana footwork atau gerakan kaki harus dibangun dan dibentuk dengan baik. Selain itu sebelum dan sesudah pertandingan bola basket, Anda harus melakukan aktivitas flexing, relaxing, warming up, dan cooling down agar kaki menjadi lebih kuat dan mengurangi resiko cedera di setiap pertandingan.

Tips footwork dalam bola basket

Latihan Footwork, Basketball, Bola Basket, Workout, gerakan kaki

Footwork atau gerakan kaki merupakan aspek yang sangat penting dalam bermain bola basket. Untuk itu berikut beberapa tips yang akan membantu agar memiliki tumpuan yang baik saat memainkan permainan bola basket yang sulit.

1. Menjaga keseimbangan tubuh selama pertandingan

Keseimbangan tubuh merupakan hal yang sangat penting pada footwork. Dimana Anda harus selalu menjaga tumpuan dasar kaki agar tetap lebar sekitar selebar bahu. Lalu tekuk lutut sedikit seperti posisi kuda-kuda dan selalu pertahankan kepala Anda tepat di atas titik tengah antara area yang ditutupi oleh kaki. Dimana posisi ini akan memberikan keseimbangan pada keseluruhan tubuh Anda dengan baik. 

2. Posisi Fisik yang Bagus

Ketika sedang di dalam lapangan basket, berlatihlah untuk membuat dan memiliki posisi fisik yang seimbang. Ambil titik pivot yang bagus. Poros yang kuat didapatkan saat tumpuan kaki ditumpu dengan kuat di atas lantai lapangan. Karena apabila Anda memiliki posisi pivot yang baik, maka anda dapat dengan mudah memutar dan berlari ke kiri,kanan, maju, atau mundur dengan mudah dan cepat.

3. Pergerakan yang Baik

Pergerakan yang baik sangat penting untuk strategi. Salah satunya yaitu perputaran yang baik. Dimana hal tersebut berguna untuk menciptakan pertahanan terbaik dalam permainan. Ambillah pivot cepat dengan tumpuan kaki yang kuat. Kemudian, aturlah keseimbangan tubuh yang tepat. Dengan cara ini, anda pasti selalu siap untuk putaran pivot yang cepat dan tiba-tiba yang sangat berguna untuk menciptakan pertahanan dan serangan yang mantap.

Latihan Footwork Basket yang Mudah

run, lari, jogging, footwork

Selain latihan footwok yang biasa, ada juga beberapa latihan yang cukup mudah dan sederhana, dimana hal tersebut pasti akan membantu meningkatkan footwork dengan baik untuk pertahanan maupun serangan dalam permainan bola basket. Untuk itu inilah beberapa latihan mudah dan sederhana yang dapat meningkatkan footwork dalam bermain basket.

  • Latihan Posisi Defense Kesamping

Latihan defense dengan melangkah kesamping juga merupakan salah satu latihan footwork yang sangat sederhana dan dapat mengingkatkan kekuatan footwork anda. Berikut ini cara latihannya:

Latihan di lakukan dengan cara yaitu, tekuk lutut, lalu ambil posisi berdiri dengan tubuh seimbang dengan posisi kaki selebar bahu. Lalu setelah itu melangkahlah ke samping, buatlah langkah-langkah ke kiri atau ke kanan dengan lari pendek. Gerakan ke samping ini akan membantu anda untuk meningkatkan footwork yang baik dan kokoh saat posisi kesamping.

  • Latihan Lompat

Selain berlatih defense anda juga bisa berlatih melompat. Anda bisa berlatih melompat kedepan dengan satu kaki, misal melompat dari ujung lapangan basket sampai pertengahan lapangan atau anda juga dapat melompat dengan satu kaki ke atas tangga. 

Lakukan gerakan tersebut dengan menurunkan kaki dan lakukan secara bergantian dengan kaki yang satunya. Selain itu anda juga bisa melatih footwork dengan cara lompat tali atau skipping. Latihan ini ditargetkan untuk meningkatkan otot-otot paha dan lutut, serta agar lebih kencang dan kuat.

  • Lari

Selain latihan footwork sederhana yang ada di atas, latihan lari dan jogging secara teratur sangatlah bagus, dimana lari sudah terbukti dapat meningkatkan footwork atau gerak kaki pemain bola basket. Dimana anda dapat berlari pada waktu kapan pun. Anda juga dapat lari-lari kecil berlari menggunakan thread mill.

Didalam permainan bola basket footwork sangatlah penting, untuk itu tidak mungkin bermain bola basket apabila footwork tidak kuat. Karena permainan bola basket sangat bergantung pada fisik, untuk itu anda wajib melatih footwork atau gerak kaki tersebut.

Ya, itulah sedikit artikel tentang footwork yang mungkin dapat bermanfaat dan meningkatkan kekuatan foorwork anada semua. Terima Kasih.

Kuncoro
Kuncoro Halo saya Dery Yudha Kuncoro terima kasih

Posting Komentar untuk "Teknik Dasar Footwork Dalam Bola Basket"