Widget HTML #1

Akuntan adalah

Akuntan adalah, Accountant, Tax Accountant, Certified Public Accountant, Chartered Accountant, jenis sertifikat akuntan profesional, profesi akuntan adalah, akuntan publik adalah, akuntan pemerintah adalah, akuntan pendidik adalah, etika profesi akuntan adalah, seorang akuntan, akuntan intern adalah, contoh profesi akuntan publik, apa hal terpenting bagi seorang akuntan, sikap yang harus dimiliki seorang akuntan, alasan menjadi seorang akuntan, bagaimana menurutmu presentasi diri yang baik untuk seorang akuntan, profil seorang akuntan, akuntan publik adalah, gaji seorang akuntan
Tentang Akuntan || Source: Pixabay
Akuntan adalah orang yang mengelola masalah keuangan, termasuk penyusunan rencana dan anggaran keuangan, serta pengelolaan akun dan kesejahteraan staf.

Di sebagian besar negara, akuntan berlisensi resmi diakui dengan gelar. Di Inggris, mereka disebut sebagai "chartered accountants." Di AS, akuntan umumnya dikenal sebagai "certified public accountants", sedangkan di Kanada, mereka dikenal sebagai "certified management accountants" atau "acertified general accountants." Meskipun sebagian besar akuntan di Kanada juga berfungsi sebagai akuntan sewaan, tetapi akuntan umum yang bersertifikat juga berwenang untuk melakukan praktik akuntansi dan audit publik di negara tersebut.

Sedangkan untuk di Indonesia ada beragam sertifikat profesi akutansi yang di keluarkan oleh Ikatan Akutansi Indonesia (IAI) maupun Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BSNP). Dimana di Indonesia ada berbagai jenis sertifikat akuntan profesional Certified Public Accountants, Certified Internal Auditor, Certified Management Accountant, dan masih ada berbagai sertifikat akutan lainnya yang di keluarkan oleh IAI dan BSNP.

Tanggung jawab utama akuntan adalah membuat laporan keuangan dan melakukan pembukuan sehari-hari untuk manajer, regulator, dan pemegang saham. Akuntan mengelola sistem pembukuan entri ganda di mana ada dua entri untuk setiap transaksi yang dibuat, satu ke akun debit dan satu ke akun kredit yang sesuai. 

Sesuai dengan aturan akuntansi, jumlah angka debit dan kredit harus sama dan setiap perbedaan dalam total berarti telah terjadi kesalahan. Seorang akuntan juga mengaudit dan memeriksa catatan keuangan individu atau bisnis, bersama dengan menyiapkan laporan keuangan dan pajak.

Di Amerika Serikat, akuntan dapat memperoleh sertifikat khusus di berbagai bidang di mana mereka dapat memegang gelar seperti “certified public accountant", “certified internal auditor”, “certified management accountant”, dan “accredited business accountants”. Di Amerika Serikat, dewan standar akuntansi pemerintah menyiapkan aturan akuntansi untuk membuat laporan keuangan untuk perusahaan publik dan perusahaan swasta. 

Selanjutnya, beberapa organisasi akuntansi yang mempengaruhi pengembangan aturan standar untuk akuntan di AS adalah U.S. Securities and Exchange Commission (SEC), the American Institute of Certified Public Accountants (AICPA), the Financial Accounting Standards Board (FASB), dan the Governmental Accounting Standards Board (GASB).

Beberapa perusahaan besar yang diakui secara global adalah PricewaterhouseCoopers, Deloitte Touche Tohmatsu, Ernst & Young, dan KPMG. Kebanyakan akuntan melakukan berbagai jenis akuntansi seperti akuntansi biaya, akuntansi keuangan, dan akuntansi manajemen. Akuntan adalah profesional yang terampil dan merupakan bagian integral dari ekonomi modern.

Baca Juga: Mengenal Tentang Apa Itu Asuransi?