Widget HTML #1

Mengenal Tentang MotoGP

motogp, motogp 2021, motogp live, motogp klasemen 2021, motogp emilia romagna 2021, motogp streaming, motogp jadwal, motogp hari ini, motogp terbaru, motogp live streaming, Valentino Rossi MotoGP, motogp streaming, motogp terbaru, motogp jadwal, motogp klasemen 2020, motogp hari ini, motogp hari ini di trans7, jadwal motogp hari ini, motogp klasemen 2021, jadwal moto gp 2020, klasemen moto gp, moto gp hari ini, puncak klasemen moto gp, motogp terbaru, motogp live, moto gp syria, video moto gp, Mengenal Tentang MotoGP
Valentino Rossi MotoGP

Tentang Motogp. Grand Prix Sepeda Motor atau GP Motor adalah sebuah seri kejuaraan motor balap kelas khusus yang diadakan di circuit jalanan yang ditata dan disepakati oleh Fédération Internationale de Motocyclisme atau biasa disebut FIM. 

Beberapa gelaran balap sepeda motor mandiri sudah diadakan semenjak awal era ke-20 dan banyak gelaran besar nasional memperoleh nama Grand Prix. Pendirian Fédération Internationale de Motocyclisme sebagai induk organisasi motor balap sedunia tahun 1949 memberi peluang untuk mengkoordinasikan ketentuan dan peraturan hingga gelaran itu dipilih sebagai Kejuaraan Dunia resmi. Ini ialah kejuaraan dunia motor balap paling tua sejauh sejarah.

Sepeda motor Grand Prix didesain khusus untuk balapan, dan tidak dipasarkan ke orang umum dan, secara hukum, dilarang dikemudikan di jalan umum. Ini tidak sama dengan contohnya, Kejuaraan Dunia Superbike dan Isle of Man TT yang memakai sepeda motor biasa yang dimodifikasi. 

Kelas tertingginya ialah MotoGP yang mulai sejak 2002 saat zaman mesin empat tak mulai tumbuh. Awalnya, kelas tertingginya ialah 500 cc, keduanya menjadi penerus histori sebagai Kejuaraan Dunia sah, walau semua kelas mempunyai status resmi.

MotoGP™ adalah kelas utama dari balap motor roda dua, dengan nama-nama teratas berbaris di atas motor terbaik yang dapat dibuat oleh pabrikan terbesar. Dengan sepeda prototipe 1000cc yang dibuat khusus dengan berat minimal 157 kg.

Sekarang ini Grand Prix Sepeda Motor terdiri jadi empat kelas: MotoGP, Moto2, Moto3, dan MotoE. Tiga yang pertama ini memakai mesin empat tak, dan MotoE yang baru dimulai pada tahun 2019 memakai sepeda motor listrik.

Ada penjenjangan karier untuk beberapa rider yang turun di balap motor dunia, jika seorang rider cukup berprestasi dia akan diambil oleh team yang ada dikelas selanjutnya dari kelas Moto 2, kelas Moto 3, selanjutnya kelas pucuk MotoGP. Rider yang turun di kelas 125 cc sendiri datang dari rider yang berprestasi di kejuaraan regional atau nasional di negaranya masing-masing, seperti All Japan road racing di Jepang, atau kejuaraan Eropa. Beberapa rider MotoGP selain datang dari kelas 250 cc ada juga rider yang dari kejuaraan Superbike.

Pertandingan MotoGP diselenggarakan menjadi beberapa seri dan yang digelar di berbagai negara. Balapan MotoGP biasa diadakan tiap akhir pekan dengan beberapa tahapan. Pada hari Jum'at diadakan free practice dan latihan sah pertama, kemudian hari Sabtu dilakukan latihan resmi ke-2 dan kualifikasi, di mana beberapa rider berusaha untuk membuat waktu catatan terbaik untuk menentukan posisi start mereka. Balapan sendiri biasanya diadakan di hari Minggu.

Bahkan untuk jadwal sementara MotoGP 2022 akan adalah salah satu seri yang di selenggarakan di Indonesia, yaitu di Sirkuit Mandalika. Semoga saja jadwal tersebut tak berubah dan benar di selenggarakan di Indonesia untuk salah satu semi musim MotoGP 2022.

Dalam riwayat Grand Prix, juara tersuksesnya ialah Giacomo Agostini dengan 15 gelar dan kemenangan 122 balapan. Di seri paling tingginya Agostini mendapat delapan rekor gelar, menyusul rider aktif Valentino Rossi dengan 7 gelar dan Marc Márquez dengan 6 gelar. Per 2019, Rossi telah meraih 89 kemenangan balapan di kelas tertinggi pada Grand Prix Sepeda Motor.

Iya, itulah sedikit pembahsan tentang olahraga balap morot MotoGP yang merupakan salah satu balapan motor dunia yang sangat populer dan terkenal di dunia, salah satunya yaitu sangatlah populer dan terkenal di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Source: Wikipedia

Baca juga: