Widget HTML #1

Definisi Cerpen, Ciri-ciri Cerpen, dan Jenis Cerpen

Contoh judul cerpen apa saja?, Contoh cerpen dan karya siapa?, Apa yang dimaksud dengan cerpen beserta contohnya?, Apa saja yang termasuk struktur cerpen?, kumpulan cerpen, cerpen singkat, cerita cerpen, cerpen pendidikan, cerpen tentang kehidupan, cerpen remaja, cerpen persahabatan, cerpen terbaik, Definisi Cerpen, Ciri-ciri Cerpen, dan Jenis Cerpen, pengertian cerpen, antalogi cerpen, ciri-ciri cerpen, jenis cerpen, fungsi cerpen
Pengertian Cerita pendek, Ciri-ciri, dan Jenisnya || Source: Canva

Cerpen. Cerpen adalah salah satu cerita yang berupa fiksi, artinya bahwa isi yang ada dalam cerita merupakan rekaan dari para penulis. Para penulis membuat cerita fiksi cerpen dengan berbagai macam isi dan tema yang di buat oleh para penulis.

Biasanya di dalam cerpen ada banyak nilai-nilai yang bisa diambil seperti nilai-nilai tentang kehidupan seperti nilai moral, nilai religius, nilai kepahlawanan, nilai sosial, nilai budaya, dan berbagai nilai lainnya yang masih relevan dengan kehidupan di zaman sekarang ini. 

Yuk, langsung saja, berikut ini adalah pengertian cerpen, antologi cerpen, ciri-ciri cerpen, jenis-jenis cerpen, dan fungsi cerpen:

1. Definisi Cerpen

Cerpen adalah kependekan kata dari cerita pendek. Menurut KBBI cerpen atau cerita pendek berarti kisahan pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal dan dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi.

Dapat disimpulkan bahwa cerpen adalah cerita pendek yang memberikan kesan tunggal pada satu tokoh dan satu situasi yang habis dibaca dalam sekali duduk.

2. Antologi Cerpen

Selain itu berdasarkan pengertian di atas, cerpen juga dapat di buat dalam suatu antologi. Antologi sendiri dapat diartikan sebagai suatu kumpulan karya tulis pilihan dari seseorang atau terdiri dari beberapa orang pengarang.

Jadi, antologi cerpen dapat diartikan sebagai suatu kumpulan cerpen seseorang atau terdiri dari beberapa orang yang disusun dalam satu buku.

3. Ciri-ciri Cerpen

Suatu karya atau suatu hal pasti memiliki suatu ciri-ciri yang dapat membedakan antara satu dengan yang lain, begitu juga cerpen yang mempunyai beberapa ciri-ciri tersendiri. Berikut ini adalah ciri-ciri cerpen:

  • Jumlah kata tidak lebih dari 10.000 kata
  • Tidak menggambarkan semua kisah para tokoh dalam cerita
  • Mempunyai jalan cerita yang pendek
  • Biasanya dalam cerita hanya satu kejadian yang diceritakan
  • Cerita tokoh dalam cerpen mengalami konflik hingga penyelesaian
  • Latar yang digambarkan hanya sesaat
  • Latar tempat relatif terbatas
  • Kesan dalam cerpen sangat mendalam

4. Jenis-jenis cerpen

Sama seperti suatu karya lainnya yang memiliki berbagai jenis-jenis dalam karya tersebut, sama halnya dengan cerpen yang mempunyai berbagai jenis berdasarkan dengan jumlah kata yan digunakan, yang mana cerpen dibagi menjadi tiga jenis yaitu cerpen mini, cerpen panjang, dan cerpen ideal.

Berikut ini adalah penjelasan dari cerpen mini, cerpen panjang, dan cerpen ideal berdasarkan jumlah katanya dalam cerpen tersebut:

  • Cerpen Mini

Cerpen mini adalah cerpen dengan cerita yang sangat singkat. Jumlah kata cerpen mini adalah antara 500 sampai 1.000 kata. Cerpen mini juga biasa disebut dengan short short story.

  • Cerpen Panjang

Berbeda dari cerpen mini, cerpen panjang adalah cerpen yang mempunyai panjang cerita yang cukup panjang. Jumlah kata cerpen panjang adalah antara 4.000 samapi 10.000 kata. Cerpen panjang juga bisa disebut sebagai long short story.

  • Cerpen Ideal

Cerpen ideal adalah cerpen yang mempunyai panjang cerita yang sedang, tidak terlalu pendek, dan juga tidak terlalu panjang. Jumlah kata cerpen ideal adalah antara 3.000 sampai 4.000 kata. Cerpen ideal juga biasa disebut sebagai middle short story.

5. Fungsi Cerpen

Selain itu, sebagai suatu karya sastra cerpen mempunyai berbagai fungsi, seperti fungsi rekrearif, fungsi didaktif, fungsi estetis, fungsi moralitas, dan fungsi relegiusitas. 

Berikut ini adalah penjelasan fungsi-fungsi dari cerpen atau cerita pendek: 

  • Fungsi Rekreatif

Fungsi rekreatif adalah fungsi cerpen sebagai sarana hiburan bagi para pembaca.

  • Fungsi Didaktif

Fungsi didaktif adalah fungsi cerpen sebagai sarana pembelajaran atau pendidikan bagi para pembaca.

  • Fungsi Estetis

Fungsi estetis adalah berhubungan dengan fungsi cerpen yang memberikan nilai estetika atau keindahan dalam cerita sehingga memberikan rasa puas dalam hal keindahan bagi para pembaca.

  • Fungsi Relegiusitas

Fungsi relegiusita adalah berhubungan dengan fungsi cerpen sebagai sarana pembelajaran religius bagai para pembaca 

  •  Fungsi Moralitas

Fungsi moralitas adalah berhubungan dengan fungsi cerpen sebagai sarana yang memberikan nilai moral untuk para pembaca sehingga dapat memberikan pelajaran mengenai berbagai nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita.

Iya, itulah pembahasan singkat mengenai pengertian cerpen, antologi cerpen, ciri-ciri cerpen, jenis cerpen, dan fungsi cerpen itu sendiri. Cerpen ini merupakan salah satu karya sastra yang sangat menarik dan luar biasa. Semoga bermanfaat.

Source: Buku Pelajaran Bahasa Indonesia

Baca Juga: