Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Latihan Mental Pemain Bola Basket: Daya Dorong Motivasi Untuk Setiap Pertandingan

Tips Pelatihan Mental dalam Bola Basket, Kobe Bryant, Champion, LA Lakers, Los Angeles Lakers

Latihan mental pemain bola basket. Kebanyakan orang cenderung menganggap bola basket sebagai permainan fisik murni. Anda dapat melihat bukti itu di mana-mana, seperti latihan fisik yang tiada henti untuk mengatasi kelemahan tubuh, minuman energi dan makanan yang berfokus pada mengatasi kelelahan, pakaian dan sepatu yang memberikan kenyamanan selama pertandingan, dan sebagainya masih banyak lagi.

Mungkin, untuk menambah bukti, kita bisa menambahkan cara para atlet basket dalam melakukan permainan itu sendiri. Mereka mendorong dan mendorong dan berputar dan menembak, dimana itu semua adalah permainan yang sangat memicu keringat.

Tetapi di luar semua fisik permainan, akan bijaksana untuk percaya bahwa persiapan mental juga merupakan kebutuhan dalam jenis olahraga bola basket. Pelatihan mental tidak hanya untuk catur atau permainan pikiran yang menetap. Padahal, itu sama pentingnya dengan latihan fisik.

Sekarang, Anda mungkin bertanya, bagaimana Anda bisa memasukkan pelatihan mental atau persiapan psikologis apa pun ke dalam setiap permainan Anda. Ini pasti tidak mudah. Sikap dasarnya adalah kegigihan, ketekunan dan keinginan untuk menyelesaikan komitmen apa pun. Sama seperti pelatihan fisik, pelatihan mental yang diperlukan menuntut daya saing dan tiga sikap yang baru saja disebutkan di atas itu juga penting.

Setelah Anda berkomitmen untuk melakukan apa pun untuk mendapatkan keunggulan dalam permainan Anda, berikut adalah teknik paling umum yang disarankan oleh para ahli pikiran (itu psikolog bagi Anda) untuk Anda lakukan:

Melatih Mental Pemain Bola Basket

Tips Pelatihan Mental dalam Bola Basket, meditasi, rileksasi, relaksasi pikiran, menenangkan diri, melihat pemandangan

1. Relaksasi Pikiran

Relaksasi pikiran ini adalah termasuk latihan yang mirip dengan latihan yoga di mana Anda harus merilekskan pikiran meskipun ada gangguan. Teknik relaksasi pikiran bersifat sukarela dan Anda harus dapat menenangkan pikiran meskipun anjing di luar menggonggong atau ketika teman sekamar Anda baru saja mengomel di TV. Konsentrasi adalah kata kunci dalam mencapai teknik ini. Artinya, Anda harus bisa mengontrol apa yang Anda rasakan meski baru saja melewati hari yang menegangkan.

2. Mengubah Sikap Yang Tidak Menyenangkan 

Keinginan untuk mengubah sikap yang tidak menyenangkan ini adalah suatu keharusan. Untuk dapat memasukkan cara-cara baru ke dalam permainan Anda, Anda harus rela melepaskan cara-cara lama Anda. Jika ada banyak sikap yang menghalangi untuk mendapatkan permainan yang lebih baik, maka Anda harus menyingkirkannya demi perbaikan. Keluarlah dari zona nyaman. Salah satunya yaitu manajemen amarah yang ada dalam daftar ini. Jika Anda adalah tipe yang meledak pada provokasi kecil, maka inilah saat yang tepat untuk mengendalikan sikap negatif ini dan mengarahkannya ke arah emosi yang terkendali. Jika Anda juga tipe orang yang menunda rutinitas dan pelatihan lain yang diperlukan sampai Anda cenderung menjejalkan saat pertandingan semakin dekat, maka inilah saatnya untuk mendisiplinkan diri Anda sendiri.

3. Pengendalian Energi 

Pengendalian Energi adalah suatu upaya agar Anda akan menjadi lebih mampu mengarahkan kekuatan Anda ke arah pencapaian permainan bola basket yang lebih baik. 

4. Selalu Optimis Bisa Melakukannya

Memiliki sikap optimis dapat melakukan segala gerakan dalam lapangan untuk mencapai kemenangan. Misal visualisasikan diri Anda mencetak skor lebih dari yang pernah Anda lakukan. Jika Anda percaya pada diri sendiri dan kekuatan yang mampu dilakukan pikiran Anda, maka Anda akan mulai melihat hasilnya. Dilengkapi dengan sikap yang baru ditemukan ini terhadap permainan (dan kehidupan secara umum) dan latihan yang konstan, maka tidak ada tempat untuk pergi selain naik dan berkembang

5. Menejemen Stres

Ada studi menarik tentang manajemen stres yang disebut pelatihan Stres Inokulasi. Dalam pelatihan ini, para atlet bola basket dihadapkan pada dosis awal yang minimal, stres sampai mereka secara bertahap mengalami peningkatan tekanan. Penelitian ini ingin membuktikan bahwa kekebalan dari stres dapat tercapai. Mungkin sumber 'stres' yang baik adalah kerasnya pelatihan bola basket itu sendiri. Ini menguras fisik tetapi dalam cara yang baik.

6. Miliki Sikap Selalu Percaya Diri 

Mencapai dan memiliki sikap percaya diri yang merupakan harga diri dari bagian integral dari permainan pemain bola basket. Begitu dia memiliki kepercayaan diri, semua teknik lainnya menjadi mudah. Janganlah takut salah dan gagal, karena hal seperti itu adalah hal yang wajar pasti pernah di lakukan semua pemain basket, seperti pemain profesional pun pasti pernah gagal dan melakukan kesalahan.

7. Love of the Game-work

Love of the Game-work akan hanya menjadi sebauh pekerjaan jika berhenti menjadi sesuatu yang Anda nikmati. Ketika seorang atlet mulai melihat sisi membosankan dari permainan atau ketika dia gagal untuk 'merasakan' permainan tersebut, maka di situlah kegagalan merayap masuk. Hindari bola basket ketika Anda tidak menikmatinya polos dan sederhana. Nikmatilah setiap proses latihan dan pertandingan Anda dalam permainan bola basket

Ada banyak sekali teknik peningkatan permainan bola basket. Tetapi jika Anda telah membaca dengan cermat, Anda akan melihat bahwa semuanya hanya tergantung pada satu hal yaitu diri Anda sendiri. Ketika Anda tahu apa yang Anda inginkan dan bekerja keras untuk mencapainya secara fisik, gizi dan mental, maka Anda sedang menuju kesuksesan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Baca Juga:

Kuncoro
Kuncoro Halo saya Dery Yudha Kuncoro terima kasih

Posting Komentar untuk "Tips Latihan Mental Pemain Bola Basket: Daya Dorong Motivasi Untuk Setiap Pertandingan"