Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Makalah Kegiatan Study Tour Bromo-Bali

Makalah Kegiatan Study Tour

MAKALAH KEGIATAN STUDY TOUR SMA

BROMO BALI


Contoh Makalah Kegiatan Study Tour Bromo-Bali, makalah study tour, makalah studi tour, makalah studi ilmiah, makalah singkat study tour, KEINDAHAN PURA TANAH LOT, makalah tanah lot, makalah tentang tanah lot bali, makalah studi ilmiah bromo bali, keindahan tanah lot

DISUSUN OLEH:

                                                      NAMA: DERY YUDHA KUNCORO  

                                                      KELAS: XI

                                                      ABSEN: 5


PEMERINTAH PROVINSI .....
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI....

Kata Pengantar

    Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena dengan segala Rahmat dan Karunia-Nya, kami diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah kegiatan study tour tentang "STUDY TOUR KE Bromo dan Bali" ini. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing dan teman-teman yang telah memberi dukungan dalam menyelesaikan makalah ini dengan baik
    Makalah ini disusun sebagai bentuk proses belajar mengembangkan kemampuan siswa. Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan,oleh karena itu kami mengharap kritik dan saran yang membangun demi perbaikan kami di masa yang akan datang.
    Kami berharap semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman, khususnya dalam memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan.
    Atas perhatian dan kerja sama beserta teman-teman para pembimbing kami ucapkan terima kasih.

Banjarnegara, 12 Januari 2020


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    Penulis

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

    Study tour adalah kegiatan wisata yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan siswa serta menambah pengalaman. Setelah karya wisata kami laksanakan, siswa diwajibkan untuk membuat karya tulis. Karya tulis adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dilaksanakan.
    Laporan karya tulis ini merupakan tugas bagi kelas XI SMA Negeri. Dalam penyusunan karya tulis ini, siswa diharapkan dapat melaporkan segala pengetahuan dan pengalamannya yang diperoleh selama menjalankan study ilmiah.
    Ada banyak obyek wisata yang di kunjungi pada study tour Bromo-Bali. Adapun salah satu objek wisata yang penulis kunjungi merupakan Tanah Lot. Dimana Tanah Lot merupakan salah satu objek wisata yang cocok sekali untuk di jadikan study tour atau study ilmiah, karena memiliki sejarah yang sangat banyak di Indonesia sehingga sangat tepat bagi pelajar berkunjung ke Tanah Lot, Bali. Penulis memilih karya tulis ini karena merupakan objek yang bagus dan berdasarkan hasil observasi dan penelitian pada study ilmiah. Tanah Lot ini memiliki dua Pura yang ada di atas batu. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangang. Sehingga sangat memikat para wisatawan untuk mengunjunginya dan banyak nilai manfaat yang sangat positif, oleh karena itu penulis mengambil judul karya tulis "KEINDAHAN PURA TANAH LOT". Penulis mengharapkan dari adanya penulisan karya tulis ini diharapkan pembaca terdorong untuk bisa lebih mencintai bangsa Indonesia tercinta.

1.2 Rumusan Masalah

  1. Apa sajakah yang terdapat di Tanah Lot? 
  2. Di manakah letak Tanah Lot? 
  3. Apa sejarah dari Pura Tanah Lot?

1.3 Tujuan Penulisan

  1. Sebagai salah satu tugas lintas mata pelajaran untuk sebagai nilai tambahan. 
  2. Untuk dapat lebih memahami dan mendalami tentang analisis dari obyek wisata Tanah Lot.
  3. Untuk menambah wawasan tentang kaidah yang terdapat obyek wisata Tanah Lot.
  4. Berlatih membuat makalah.
  5. Menambah pengalaman dan pengembangan bakat. 
  6. Membiasakan atau menanamkan kebiasaan menulis dengan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Pengertian Pura

    Pura adalah istilah untuk tempat ibadat agama Hindu di Indonesia. Pura di Indonesia terutama yang terkonsentrasi di Bali sebagai pulau yang mempunyai mayoritas penduduk penganut agama Hindu. Kata "Pura" sesungguhnya berasal dari akhiran Bahasa Sansekerta (-pur, -puri, -pura. - puram, -pore), yang artinya adalah gerbang, misal, angkasapura berarti Gerbang angkasa. Dalam perkembangan pemakaiannya di Pulau Bali, istilah "Pura" menjadi khusus untuk tempat ibadah, sedangkan istilah "Puri" menjadi khusus untuk tempat tinggal para raja dan bangsawan.

2.2 Pengertian Budaya

    Budaya merupakan cara hidup yang berkembang, serta dimiliki bersama oleh kelompok orang, serta diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya ini terbentuk dari berbagai unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, perkakas, bahasa, bangunan, pakaian, serta karya seni. Budaya merupakan pola hidup yang menyeluruh, budaya memiliki sifat yang kompleks, abstrak, serta luas. Berbagai budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur sosial-budaya ini tersebar, serta meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

BAB III METODOLOGI

  1. Waktu dan tempat: Tanggal 4 Januari 2020, Tanah Lot yang terletak di Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.
  2.  Alat dan bahan: obyek wisata Tanah Lot 
  3.  Cara kerja: Observasi

BAB IV PEMBAHASAN

makalah study tour, makalah kegiatan study tour, makalah kegiatan study tour singkat, makalah singkat, makalah singkat study tour, KEINDAHAN PURA TANAH LOT, Contoh Makalah Kegiatan Study Tour Bromo-Bali, KEINDAHAN PURA TANAH LOT, makalah tentang tanah lot bali, tanah lot,
   
    Pura Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua Pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbit dan terbenam. 
    Objek wisata tanah lot terletak di Beraban, Kediri, Tabanan sekitar 13 kilometer di sebelah selatan Kota Tabanan. Di sebelah utara Pura Tanah Lot, ada sebuah pura lain yang dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan Pura dengan daratan dan berbentuk seperti Jembatan (melengkung). Pura ini disebut Pura Karang Bolong. 
    Sejarah Pura Tanah Lot Bali Indonesia berdasarkan legenda, dikisahkan pada abad ke-15, Bhagawan Dang Hyang Nirartha atau dikenal dengan nama Dang Hyang Dwijendra melakukan misi penyebaran agama Hindu dari pulau Jawa ke pulau Bali.
    Pada saat itu yang berkuasa di pulau Bali adalah Raja Dalem Waturenggong. Beliau sangat menyambut baik dengan kedatangan dari Dang Hyang Nirartha dalam menjalankan misinya, sehingga penyebaran agama Hindu berhasil sampai ke pelosok-pelosok desa yang ada di pulau Bali. 
    Dalam sejarah Tanah Lot, dikisahkan Dang Hyang Nirartha, melihat sinar suci dari arah laut selatan Bali, maka Dang Hyang Nirartha mencari lokasi dari sinar tersebut dan tibalah beliau di sebuah pantai di desa yang bernama desa Beraban. Pada saat itu desa Beraban dipimpin oleh Bendesa Beraban Sakti, yang sangat menentang ajaran dari Dang Hyang Nirartha dalam menyebarkan agama Hindu. Bendesa Beraban Sakti, menganut aliran monotheisme. 
    Dang Hyang Nirartha melakukan meditasi di atas batu karang yang menyerupai bentuk burung beo yang pada awalnya berada di daratan.
    Dengan berbagai cara Bendesa Beraban ingin mengusir keberadaan Dang Hyang Nirartha dari tempat meditasinya.
    Menurut sejarah Tanah Lot berdasarkan legenda Dang Hyang Nirartha memindahkan batu karang (tempat bermeditasinya) ke tengah pantai dengan kekuatan spiritual. Batu karang tersebut kemudian diberi nama Tanah Lot yang artinya batu karang yang berada di tengah lautan. 
    Semenjak peristiwa itu Bendesa Beraban Sakti mengakui kesaktian yang dimiliki Dang Hyang Nirartha dengan menjadi pengikutnya untuk memeluk agama Hindu bersama dengan seluruh penduduk setempat. 
    Dikisahkan di sejarah Tanah Lot, sebelum meninggalkan desa Beraban, Dang Hyang Nirartha memberikan sebuah keris kepada bendesa Beraban. Keris tersebut memiliki kekuatan untuk menghilangkan segala penyakit yang menyerang tanaman. 
    Keris tersebut disimpan di Puri Kediri dan dibuatkan upacara keagamaan di Pura Tanah Lot setiap enam bulan sekali. Kemudian semenjak itu, hal tersebut rutin dilakukan oleh penduduk desa Beraban, kesejahteraan penduduk sangat meningkat pesat dengan hasil panen pertanian yang melimpah dan mereka hidup dengan saling menghormati. 
    Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang Brahmana yang mengembara dari Jawa yaitu Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu setra membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu, penguasa Tanah Lot yang bernama Bendesa Beraben merasa iri kepadanya karena para pengikutnya mulai pergi untuk mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben kemudian menyuruh Danghyang Nirartha meninggalkan Tanah Lot. Kemudian Danghyang Nirartha menyanggupinya, tetapi sebelumnya ia dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura di sana. la juga mengubah selendangnya menjadi penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhirnya disebutkan bahwa Bendesa Beraben menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

BAB V PENUTUPAN

3.1 Kesimpulan

    Tanah Lot sangat berperan penting terhadap perkembangan Bali dalam bidang pariwisata. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Tanah Lot untuk melihat keindahan alam yang ada di Bali serta mengenal lebih tentang budaya Bali.

3.2 Saran

  1. Biro untuk mengatur jadwal yang lebih baik agar siswa dapat menikmati wisata tanpa terburu-buru
  2. Dengan adanya pembelajaran diluar sekolah siswa menjadi berfikir objektif mengenai pentingnya untuk selalu mencintai dan menjaga serta melestarikan aset budaya bangsa.

DAFTAR PUSTAKA

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Tanah_Lot 
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Pura
Iya, itulah makalah singkat tentang kegiatan study tour ke Bromo-Bali. Di mana makalah ini berjudul "Keindahan Pura Tanah Lot". Makalah ini merupakan hasil laporan saya waktu pendidikan SMA setelah pergi study tour untuk tambahan nilai yang wajib mengumpulkan setiap siswanya yang mengikuti study tour. Informasi dari Tanah Lot ini saya ambil dari Wikipedia. Apabila ada kesalahan pada penulisan saya mohon maaf. Terima kasih telah berkunjung.

Baca Juga:

Kuncoro
Kuncoro Halo saya Dery Yudha Kuncoro terima kasih

Posting Komentar untuk "Contoh Makalah Kegiatan Study Tour Bromo-Bali"