Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sekilas Tentang Apa Itu Asteroid Dan Fenomenanya

asteroid terletak diantara, perbedaan komet dan asteroid, asteroid mendekati bumi, asteroid menabrak bumi, asteroid terletak diantara planet, asteroid tabrak bumi, pengertian asteroid, jelaskan pengertian asteroid, asteroid terletak diantara orbit planet, asteroid,  Sekilas Tentang Apa Itu Asteroid Dan Fenomenanya, memandang asteroid, Pengertian Asteroid, Perbedaan Komet dan Asteroid

Asteroid. Alam semesta masih mempunyai banyak misteri yang belum diketahui oleh manusia. Salah satunya yaitu di bumi tempat manusia tinggal. Banyak misteri dan hal menarik yang ada di bumi dan alam semesta ini baik yang sudah diketahui ataupun belum diketahui, baik yang ada di darat, air, ataupun langit luar angkasa yang luas.

Salah satu hal yang ingin saya bahas disini yaitu tentang luar angkasa. Ada banyak hal yang menarik yang terjadi di luar angkasa seperti bintang-bintang yang ada di atas kita yang membuat dunia astronomi sangat menyenangkan dipelajari. Yang sebenarnya adalah alam semesta merupakan sesuatu yang terus berubah, bergerak setiap detiknya, bahkan beberapa orang mengatakan  alam semesta itu"hidup" karena pastinya Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan Anda lihat pada suatu malam saat kita sedang melihat langit bertabur bintang pada malam hari. 

Tetapi dari sekian banyak fenomena langit yang ada di luar angkasa, mungkin tidak ada yang semenarik ketika Anda melihat asteroid pertama bergerak di langit. Menyebut asteroid sebagai "rock stars" astronomi secara bersamaan adalah sebuah lelucon yang buruk, tetapi penggambaran yang tepat tentang bagaimana para penggemar astronomi melihatnya. Tidak sama seperti planet, matahari, dan bulan, tetapi asteroid akan bergerak, selalu berubah dan, jika muncul di langit malam, sangat menarik dan dinamis.

Pengertian Asteroid, dan Perbedaan Komet dan Asteroid

Asteroid atau planet minor atau planetoid adalah sebuah benda yang memiliki ukuran lebih kecil daripada planet, tetapi memiliki ukuran yang lebih besar daripada meteoroid. Asteroid biasanya terdapat di bagian dalam Tata Surya yaitu lebih dalam daripada orbit planet Neptunus. 

Asteroid sendiri berbeda dengan komet yang terlihat dari penampakan kasatmatanya. Komet sendiri menampakkan sebuah koma atau ekor, sementara asteroid tidak ada. Istilah ini menurut sejarah ditujukan untuk semua objek astronomis yang selalu mengelilingi matahari dan setelah di teliti tidak memiliki adanya karakteristik komet aktif. Di alam semesta ini ada juta lebih asteroid dengan ukuran yang bervariasi.

Seperti rock stars atau bintang rock, asteroid telah memiliki berbagai hal yang berkaitan dengan mitos dan pengetahuan. Dimana banyak yang mengaitkan tentang kepunahan dinosaurus dengan adanya dampak dari asteroid besar yang ada di bumi. Teori ini memiliki beberapa integritas dan, jika hal ini memang benar, maka dapat membangkitkan beberapa gambaran yang cukup mengejutkan dan adanya ketakutan firasat pada spesies yang mengekang saat ini di bumi, yaitu ras manusia.

Fakta bahwa memang asteroid adalah puing-puing luar angkasa yang bergerak cepat yang hanya membuat gerakan dan aktivitasnya lebih menarik dan mengasyikkan. Tidak sama seperti planet, bulan, atau bintang, kemungkinan asteroid bisa saja menabrak bumi sepenuhnya, dan hal tersebut masuk akal dan pada kenyataannya, ada banyak sekali kasus tentang asteroid kecil yang terdokumentasi berhasil melewati atmosfer kita dan membuat beberapa kawah yang cukup megah di permukaan bumi.

Cerita Fiksi Ilmiah Tentang Asteroid

Budaya populer dengan senang hati menerima gagasan tentang adanya dampak asteroid. Idenya telah memanifestasikan banyak tentang cerita fiksi ilmiah yang menambahkan gagasan bentuk kehidupan alien dapat naik asteroid ke dunia kita dan memulai sebuah situasi "perang dunia". Namun sejauh ini, konsep yang paling banyak dibicarakan yang telah membuat imajinasi dan ketakutan para pecinta fiksi ilmiah dan masyarakat pada umumnya adalah tentang asteroid lain yang bisa kapan saja menabrak bumi yang bisa memusnahkan kehidupan atau kiamat seperti yang diperkirakan terjadi pada zaman dinosaurus. 

Faktanya, seperti pada film bergenre fiksi ilmiah yang berjudul "Armageddon" didasarkan pada ide dan konsep tersebut bahwa entah bagaimana pun umat manusia pastinya dapat mencegah bencana tersebetu dengan teknologi.

Tapi mungkin cara terbaik untuk meredakan ketakutan kita dan mengganti fiksi ilmiah dengan sains adalah dengan cara pengetahuan dan pemahaman. Sebenarnya, ada banyak sekali penelitian tentang aktivitas asteroid dan komunitas ilmiah yang serius telah memperoleh banyak pengetahuan yang penting tentang benda-benda langit yang menakjubkan tersebut. Sejumlah penelitian terhadap asteroid telah dilakukan dan telah memberi kita banyak sekali informasi tentang komposisinya dan bagaimana kita dapat memprediksi gerakannya.

Asteroid Terletak Diantara Planet Apa

asteroid, jelaskan pengertian asteroid, pengertian asteroid, asteroid jatuh, asteroid yang besar, asteroid terletak diantara orbit planet, apa perbedaan astronomi dan astrologi, asteroid melintasi bumi, perbedaan komet, contoh asteroid, Cerita Fiksi Ilmiah Tentang Asteroid

Kita sekarang tahu bahwa sebagian besar asteroid yang bisa kita lihat berasal dari sabuk asteroid yang berada di antara planet Mars dan Jupiter. Dari komunitas asteroid tersebutlah banyak berbagai asteroid terkenal yang muncul. Para ilmuwan telah mendapatkan berbagai macam pengetahuan yang penting tentang struktur asteroid dan memisahkannya ke dalam berbagai kelas termasuk kelas S yang berasal dari bagian sabuk yang paling dekat dengan planet Mars, kelas C, D dan V yang diklasifikasikan berdasarkan struktur dan kelas yang disebut dengan "Centaur" yang pola penerbangannya membawa mereka lebih dekat ke planet Jupiter dan Uranus.

Selain itu berbagai penyelidikan yang dilakukan oleh NASA pada asteroid yang terbang dekat telah melakukan berbagai penelitian yang cukup menakjubkan tentang benda-benda angkasa eksentrik ini. Dimana pada tahun 1994 penyelidikan Galileo berada dalam jarak 1000 mil dari asteroid 243 Ida dan menemukan bahwa Ida sebenarnya memiliki bulannya sendiri.

Probe lain juga telah menembakkan impactors ke asteroid dan bahkan mendarat di asteroid untuk menghasilkan beberapa data ilmiah yang sangat menakjubkan dan luar biasa bagi kita. Ada banyak hal yang harus dipelajari tentang asteroid dalam kecintaan kita pada dunia astronomi dan pengetahuan itu hanya membuat kesenangan kita melihatnya di alam semesta menjadi lebih menarik.

Kuncoro
Kuncoro Halo saya Dery Yudha Kuncoro terima kasih