Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal Usul Sejarah Astrologi Dan Perkembangannya

sejarah astrologi, sejarah singkat astrologi, tentang astrologi, ramalam astrologi, ilmu astrologi, astrologi, Asal Usul Sejarah Astrologi Dan Perkembangannya, horoskop sign, perkembangan astrologi, dunia astrologi

Sejarah Astrologi. Astrologi adalah sebuah jenis ramalan berdasarkan gagasan bahwa informasi tentang masa depan atau tentang berbagai kepribadian seseorang yang dapat ditemukan melalui pemeriksaan berbagai benda langit seperti bintang, bulan, planet, rasi bintang, komet, dan berbagai benda langit lainnya. 

Astrologi berarti sebuah studi yang memperhitungkan dan mencoba untuk meguraikan berbagi pengaruh benda-benda langit perihal dengan urusan manusia. American Heritage Dictionary mendefinisikan bahwa Astrologi sebagai studi tentang posisi dan aspek benda langit dengan keyakinan bahwa mereka memiliki pengaruh pada jalannya kejadian alam duniawi dan urusan manusia. 

Praktik astrologi juga lazim  pada zaman kuno dahulu kala. Justru beberapa peradaban terkenal di dunia ini menggunakan bidang Astrologi secara global. Sebagai contoh, peradaban Cina kuno, peradaban Mesir, peradaban India kuno, dan berbagai peradaban lainnya yang semua mempraktekkan astrologi di berbagai titik atau yang lain. Orang Arab juga waktu itu mempraktikkan Astrologi sebelum adanya kedatangan Islam tanah Arab. Diperkirakan orang Babilonia kuno yang mungkin pertama menggunakan Astrologi. 

Seiring berkembangnya tahun ke tahun ilmu Astrologi pun mulai berpindah ke negara lain seperti Cina dan India. Astronom Yunani Ptolemy adalah orang pertama yang menulis buku tentang Astrologi. Dia mengklasifikasikan astrologi tanda matahari yang kita kenal sampai sekarang. Ptolemy mencoba untuk memprediksi posisi benda langit relatif satu sama lain dan bumi melalui pengetahuan tentang gerakan orbitnya. Pada masanya waktu itu astrologi merupakan salah satu bagian dari astronomi. Namun kemudian, astronomi menjadi sebuah ilmu pasti dan Astrologi tetap menjadi bagian dari Teologi (Berkaitan dengan agama dan keyakinan). Pengamatan planet adalah dasar dari Astrologi.

ramalan zodiak, ramalan zodiak, urutan zodiak, ilmu astrologi, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagittarius, Capricorn, Aquarius, Pisces, asal usul astrologi, asal astrologi,

Sejarah Astrologi adalah salah satu bagian penting dari peradaban dan kembali ke hari-hari awal umat manusia. Selain sebagai pusat pembelajaran kedokteran, Baghdad dan Damaskus juga dikenal sebagai pusat astrologi dan astronomi. Orang-orang Arab adalah salah satu pelopor dalam astronomi sebelum kedatangan Islam. 

Sedangkan para orang Babilonia adalah orang yang pertama kali memberi nama hari dalam seminggu setelah Matahari, Bulan, dan planet-planet.Selain itu orang Babilonia merupakan yang pertama menetapkan 12 rumah horoskop dalam Astrologi. 

Mesir adalah salah satu tempat terpenting dalam berbagai perkembangan dari astrologi. Diperkirakan bahwa berbagai tanda dari astrologi zodiak adalah berasal dari Mesir. Astrologi bahkan juga di praktikkan pada zaman Veda di India. Astrologi merupakan salah satu dari enam disiplin vedanga dalam kepercayaan Hindu. Dimana bahwa orang Hindu percaya keberuntungan atau kemalangan manusia dalam hidup adalah terjadi karena karma, dan karma tersebut diyakini oleh mereka bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh pergerakan planet-planet. 

Di antara umat Hindu, Brahmana dianggap sebagai pengaruh terbaik dalam dunia astrologi. Di India Modern juga, astrologi banyak digunakan untuk menentukan ramalan masa depan dan meningkatkan kehidupan. Astrologi pun banyak dipelajari dan di praktikkan oleh orang di India. Karena hal ini dianggap penting dalam budaya India, karena digunakan untuk membuat berbagai keputusan tentang pernikahan, memulai bisnis baru, dan pindah ke rumah baru, dan berbagai masalah kehidupan lainnya. 

Kitab Suci Hindu Kuno juga memberikan banyak berbagai kepentingan dalam aspek gerakan planet dan pengaruhnya yang akan terjadi pada manusia. Sedangkan pada Astrologi Cina menekankan pada lima elemen, yaitu logam, kayu, air, api, dan tanah. Bahkan berbagai tanda zodiak yang digunakan oleh mereka juga berbeda dengan berbagai bentuk astrologi lainnya. Hal ini terjadi karena Cina terisolasi dari barat untuk waktu yang lama. 

Itulah sebabnya kenapa astrologi Cina tidak dikenal oleh dunia barat. Ketika astrologi Cina berkembang secara mandiri, banyak perbedaan dapat dilihat antara konsep astrologi barat dan astrologi versi Cina. Namun, para astrolog Cina dan India kadang-kadang saling berhubungan. Oleh karena itu, kedua sekolah ini memiliki berbagai kesamaan dalam dunia astrologi. 

Namun, terlepas dari isolasi geografis yang terjadi, ada beberapa kesamaan yang mengejutkan antara pemikiran dari barat dan Cina tentang astrologi. Itu hanya bisa disebut sebagai kebetulan. Walaupun ilmu astrologi dimulai dan kemudian dikembangkan di timur, tetapi barat tidak pernah lepas dari astrologi. 

ilmu astrologi, astrologi, ramalan, hasil ramalan astrologi, kartu tarot, perkembangan ilmu astrologi, perkembangan astrologi, sejarah astrologi

Bahkan tren membaca ramalan bintang atau ramalan zodiak harian telah menyusul dunia barat. Tiba-tiba, dunia barat terbangun dengan kemungkinan mengetahui dan memperbaiki masa depan mereka dengan menggunakan ilmu astrologi. Sampai sekarang pun semakin banyak orang barat mulai percaya pada kemungkinan terpengaruh karena planet dan bintang yang kuat. Sarjana Barat pun telah memasukkan subjek tentang astrologi dalam penelitian mereka.

Bahkan Astrologi tidak pernah penelitian dan diteliti sebelumnya seperti yang telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir ini. Para astrolog di India mengklaim bahwa itu adalah salah satu metode ilmiah untuk memprediksi kejadian dan kehidupan masa depan. Mereka masih menggabungkan bidang studi astrologi dalam patokan agama Hindu. Mereka juga mengatakan bahwa mereka dapat membuktikan bahwa ramalan astrologi memang adalah sebuah ilmiah. 

Umat ​​Hindu hampir dengan suara bulat percaya pada ramalan astrologi tersebut. Faktanya, umat Hindu yang religius tidak dapat membayangkan hidup tanpa Astrologi. Semakin banyak orang India mulai membangun rumah mereka sesuai dengan prinsip Vastu Shashtra. Tradisi India kuno ini juga diatur oleh sugesti dari ilmu astrologi. Umat ​​Hindu percaya bahwa kemakmuran dan manfaat keseluruhan penghuni bergantung pada prinsip Vastu saat membangun rumah. 

Sedangkan Feng shui adalah salah satu yang kuno Praktek Cina penempatan dan penataan ruang untuk mencapai keselarasan dengan lingkungan. Ini juga merupakan bagian dari Astrologi Cina. Ini sekali lagi dikatakan bersifat ilmiah.

Iya, itulah tentang sejarah astrologi yang membahas tentang asal usul astrologi dari mana astrologi awalnya itu terjadi dan juga tentang perkembangan astrologi yang masih terus berkembang sampai saat sekarang. Semoga artikel dapat bermanfaat.

Baca Juga: Sejarah Singkat Tentang Perkembangan Astronomi

Kuncoro
Kuncoro Halo saya Dery Yudha Kuncoro terima kasih

Posting Komentar untuk "Asal Usul Sejarah Astrologi Dan Perkembangannya"