Widget HTML #1

Sekilas Tentang Apa Itu Astronomi Radio

Sekilas Tentang Apa Itu Astronomi Radio, Radio Astronomy, Astronomi Radio, ilmu yang mempelajari fenomena angkasa, mempelajari luar angkasa, apa itu astronomi radio, apa itu radio astronomi, astronomi radio adalah, pengertian astronomi radio

Astronomi radio adalah sebuah cabang astronomi yang mempelajari tentang fenomena benda yang ada di angkasa melalui sebuah gelombang radio yang dipancarkan. Gelombang radio tersebut memiliki panjang gelombang yang lebih panjang dari pada gelombang cahaya.

Bagi sebagian besar dari pecinta astronomi, gagasan astronomi adalah sesuatu yang langsung di kaitkan dengan kegiatan seperti melihat bintang, menggunakan teleskop, dan melihat berbagai pemandangan luar biasa yang ada di langit. Pastinya itulah bidang astronomi yang menarik yang memberikan popularitas besar tersebut. 

Jadi bagi yang belum tahu, tentang "astronomi radio" pastinya akan tampak aneh. Ada dua alasan untuk hal tersebut. Pertama, manusia jauh lebih memfokuskan hal pada visual daripada audio, dan yang kedua adalah bahwa astronomi radio tidak benar-benar melibatkan tentang "mendengarkan" kosmos kecuali  para ilmuwan yang menggunakan bentuk pengamatan bintang yang canggih tersebut, yang tidak hanya bergantung pada studi visual saja untuk melakukan pekerjaan mereka tersebut.

Untuk menghargai apa yang memang benar-benar menarik tentang astronomi radio, pertama-tama kita harus mengubah bagaimana cara memandang astronomi. Hal itu karena bagi para astronom profesional, mempelajari tentang alam semesta lebih banyak tentang frekuensi dari pada tentang dokumentasi visual dari fenomena yang terjadi. Hal ini membawa kita kembali ke Fisika 101.

Cahaya, jelas, adalah sebuah fenomena fisik yang menguatkan kemampuan kita untuk dapat menggunakan sistem konfirmasi visual kita, misalnya mata kita digunakan untuk menghargai sesuatu, dalam hal ini yaitu berkaitan tentang bintang. 

lautan bintang, pria sendiri, orang sedang mengamati langit, orang sedang melihat langit, keindahan langit malam, langit malam, astronomi

Jadi pada saat kita sedang melihat ke langit, kita bisa melihat pancaran cahaya dari sebuah bintang atau pantulan lainnya dari sebuah bulan atau planet. Dalam banyak kasus yang terjadi, jika kita sedang melihat bintang yang jauh, kita sebenarnya melihatnya ratusan atau ribuan tahun yang lalu karena hal itulah waktu yang dibutuhkan oleh cahaya untuk bisa melintasi alam semesta dan membuat dapat terlihat di langit kita. Itulah adalah salah satu ide yang cukup mengejutkan.

Untuk sekarang cahaya itu sendiri adalah sebuah zat yang cukup aneh. Tetapi hal ini bagi para ilmuwan astronomi, cahaya hanyalah sebuah energi lain yang ada dalam keadaan frekuensi tertentu. Sekarang, kita cenderung lebih memikirkan frekuensi ketika kita sedang berbicara tentang gelombang suara. Dalam istilah ilmiah itu sendiri, cahaya, suara, dan energi hanyalah beberapa bentuk dari hal yang sama yaitu frekuensi energi yang menggandakan dari suatu sumber.

Sekarang kita telah mengerti mengapa astronomi radio sangatlah diperlukan. Rentang frekuensi yang ditempati oleh cahaya dalam suatu spektrum frekuensi yang besar sebenarnya hal tersebut cukup kecil. Terus terang, sebenarnya kita hanya bisa melihat sebagian kecil dari alam semesta yang sebenarnya ada ini. 

Sekarang ketika kalian sedang melihat ke langit malam dan itu adalah sesuatu yang sangat luar biasa, dan hal itulah sebenarnya bahwa kalian itu hanyalah melihat sebagian kecil dari apa yang sebenarnya terjadi di sana, dan bisa membuat pikiran kita bisa menjadi sangat kerepotan apabila terus memikirkannya.

orang sedang memandang bintang, orang melihat bintang, orang melihat bintang di malam hari, lautan bintang, langit malam, astronomi

Astronomi radio ini menggunakan sebuah peralatan sensor canggih untuk mempelajari semua frekuensi energi yang datang kepada kita semua dari kosmos. Dengan cara tersebut, para ilmuwan akan dapat melihat segala sesuatu yang terjadi di luar angkasa sana dan memperoleh gambaran yang tepat tentang bagaimana sebenarnya bintang-bintang itu terlihat, berperilaku sekarang dan akan berperilaku juga di masa depan nantinya.

Bagi sebagian dari kita yang pernah mendengar tentang apa itu astronomi radio, kita menganggapnya sebagai mendengarkan tanda-tanda kehidupan di alam semesta ini. Iya memang, SETI, atau “Pencarian Kecerdasan Ekstra Terrestrial” adalah salah satu bagian dari astronomi radio, meskipun hanya sebagian kecil saja. 

Tetapi yang jauh yang lebih penting adalah bagaimana astronomi radio ini telah memberdayakan para astronom yang serius yaitu mereka yang dibayar untuk melakukannya untuk mempelajari berbagai hal tentang bintang-bintang yang jauhnya bertahun-tahun cahaya, dan juga untuk mempelajari tentang lubang hitam yang tidak pernah dapat di lihat dengan menggunakan teleskop dan untuk mengumpulkan penelitian dan data tersebut tentang seluruh alam semesta yang sebaliknya tidak mungkin untuk diketahui dan dipahami.

Hal ini adalah sebuah pekerjaan penting yang terus berlangsung di dunia astronomi. Ini adalah sesuatu yang patut untuk diikuti dan dipelajari lebih banyak karena kita baru saja menggores permukaan dalam diskusi singkat tentang astronomi radio. Tetapi memahami betapa pentingnya radio astronomi hanya akan memperdalam dan membuat lebih berarti cinta dan pemahaman kalian tentang bidang pengetahuan besar yang dikenal sebagai astronomi ini.

Iya, itulah sekilas tentang astronomi radio yang merupakan cabang astronomi yang mempelajari berbagai hal tentang fenomena benda yang ada di luar angkasa sana, dimana hal tersebut dapat membuat kita tahu tentang ada apa si di luar angkasa sana. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: