Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sejarah Fotografi Singkat Dan Pengertian Fotografi

sejarah fotografi, pengertian fotografi, tentang fotografi, history photography, sejarah singkat fotografi, sejarah fotografi singkat, jenis-jenis fotografi, pengertian fotografi menurut para ahli, sejarah singkat fotografi brainly, makalah sejarah fotografi, rangkuman sejarah fotografi, bahasa fotografer, pertanyaan seputar fotografi, fotografi berasal dari bahasa inggris photography yang berarti

Sejarah Fotografi. Fotografi adalah sebuah proses menciptakan seni melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umumnya, fotografi berarti suatu metode atau proses dalam usaha untuk menghasilkan foto atau gambar dari suatu objek dengan merekamnya melalui pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka terhadap cahaya.

Kata fotografi atau dalam bahasa inggris photography, merupakan kata berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu photos dan graphein. Dimana kata "photos" yang berarti cahaya dan sedangkan kata "graphein" yang berarti menggambar. Orang pertama yang menggunakan istilah photography ini adalah seorang ilmuwan yang bernama Sir John Herschel pada tahun 1839. Jadi, fotografi berarti metode atau proses mendaftarkan gambar dengan bantuan cahaya , radiasi terkait, pada media yang terbuat dari bahan sensitif.

Foto Pertama Di Dunia

Foto Pertama Di Dunia, gambar pertama di dunia, jepretan kamera pertama di dunia, The first image, pencipta gambar pertama di dunia

Pada suatu hari semasa musim panas pada tahun 1827, orang Prancis bernama Joseph Nicephore Niepce adalah orang pertama yang mampu mencapai penciptaan gambar pertama yang diperbaiki dengan mengerjakannya selama 8 jam. Rekan senegaranya, Louis Jacques Mande Daguerre di sisi lain mampu menurunkan waktu eksposur untuk jangka waktu kurang dari 30 menit serta mencegah gambar yang diambil agar tidak menghilang.

Percetakan Foto Pertama Di Dunia

Percetakan Foto Pertama Di Dunia, pencetak foto pertama di dunia, cetakan foto pertama di dunia, gambar cetak pertama di dunia, orang yang mencetak foto pertama di dunia, Daguerre and the daguerreotype, pencipta cetakan foto pertama di dunia, cetakan foto pertama di dunia

Percetakan foto untuk pertama kali di dunia yaitu dilakukan oleh Louis Daguerre di Prancis pada tahun 1834. Daguerre adalah orang pertama yang menemukan proses paling praktis untuk mengembangkan gambar pada masanya. Ia lahir di sebuah tempat di dekat Paris, Prancis. Sebelum bereksperimen pada fotografi, ia adalah seorang pelukis profesional dari berbagai adegan dalam opera. Setelah bertahun-tahun bereksperimen dengan cahaya dan efeknya pada gambar, Daguerre mampu mengembangkan proses untuk membuat gambar yang lebih efisien dan efektif. Dia menjual haknya kepada pemerintah Prancis kemudian menulis sebuah buku yang menjelaskan penemuannya.

Proses pencetakan foto tersebut dikenal sebagai Daguerrotype yang merupakan sebuah metode atau proses untuk membuat foto untuk pertama kali yang dipublikasikan di dunia. 

Penemu Kamera Lubang Jarum (The Pinhole Camera)

Penemu Kamera Lubang Jarum, The Pinhole Camera, prinsip kerja kamera obscura diungkapkan oleh, prinsip kerja kamera obscura adalah berkas cahaya yang melewati lubang kecil, gambar kamera obscura, hasil kamera obscura, penemu kamera obscura,  cara membuat kamera obscura prinsip kerja kamera obscura diungkapkan oleh karya yang menjelaskan secara rinci tentang penggunaan kamera obscura berjudul prinsip kerja kamera obscura adalah berkas cahaya yang melewati lubang kecil hasil kamera obscura gambar kamera obscura penemu kamera obscura jelaskan prinsip kamera obscura semasa, kapan kamera diciptakan, kamera pertama di dunia tahun berapa, kamera pertama di bumi, penemu kamera video, cara kerja kamera obscura, sejarah kamera pertama di dunia, siapa penemu kamera pertama kali
Lensa kamera lubang jarum buatan sendiri|| Source: Wikipedia

Ibnu Al-Haytham, yang hidup pada abad pertengahan, adalah seorang yang sangat terkenal di bidang optik. Kamera lubang jarum ditemukan oleh Al-Haytham dengan gambar yang dihasilkan dilihat terbalik. Seorang Eropa bernama Della Porta mampu menemukan kembali kamera lubang jarum, ini memungkinkan dia untuk mempublikasikan informasi mengenai kamera lubang jarum.

Kamera lubang jarum ini adalah sebuah kamera sederhana tanpa lensa, namun dapat menggunakan sebuah tingkap yang memiliki ukuran sangat kecil yang disebut sebagai lubang jarum, yang bisa dikatakan serupa kotak kedap cahaya yang memiliki sebuah lubang kecil yang ada pada sisi lainnya, dan kemudian cahaya dari luar masuk ke tingkap tersebut, sehingga dari hal tersebut dapat menghasilkan gambar terbalik pada sisi yang berlawanan dari kotak tersebut, yang dikenal sebagai efek kamera obskura.

Penemu Lampu Kilat (The Flashbulb)

Penemu Lampu Kilat, The Flashbulb, sejarah lampu kilat, kamera The Flashbulb, The Flashbulb camera, penemu flash kamera

Seorang Austria bernama Paul Vierkotter dikreditkan sebagai orang pertama yang menemukan lampu kilat atau the flashbulb. Dia menggunakan kawat yang dilapisi magnesium yang ditempatkan di bola kaca yang disegel vakum. Ini kemudian diganti dengan aluminium foil di dalam selungkup yang diisi dengan oksigen. Flashbulb menjadi tersedia secara komersial pada tahun 1930. Itu dipatenkan oleh warga negara Jerman, Johannes Ostermeier. Lampu kilat itu disebut "vacublitz". General Electric, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang usaha suh yang membuat versi mereka sendiri yang disebut "Sashalite".

Pencipta Kamera Instan (Polaroid Camera)

Pencipta Kamera Instan , apa itu polaroid, sejarah kamera polaroid, penemu kamera, penemu kamera polaroid, Polaroid Camera, Pencipta Kamera Instan

Sebuah kamera instan adalah kamera yang menggunakan film yang mengembangkan diri untuk membuat kimia cetak yang dikembangkan tak lama setelah mengambil gambar. Polaroid Corporation memelopori serta mematenkan kamera dan film instan yang ramah terhadap konsumen, yang kemudian diikuti oleh berbagai produsen lain. Dimana foto tersebut disebut foto instan yang bisa kalian dapatkan dari mengambil gambar instan menggunakan kamera polaroid. 

Kamera poloroid ini untuk pertama kalinya yaitu diciptakan oleh Edwin Land  yang merupakan seorang ilmuwan yang berasal dari Amerika, yang meluncurkan kamera instan komersial pertama, model 95 Land Camera , pada tahun 1948, setahun setelah ia meluncurkan film instan di New Kota York. Sedangkan untuk kamera instan paling awal, yang kameranya terdiri dari kamera dan kamar gelap basah portabel yang ada dalam satu kompartemen, ditemukan oleh Samuel Shlafrock pada tahun 1923.  

Karya dari Edwin Land tentang fotografi memungkinkan era baru dalam fotografi di mana gambar dapat diperoleh secara instan. Waktu exposure tidak lagi menjadi faktor.

Iya itulah sekilas tentang sejarah singkat fotografi, yang merupakan rangkuman sejarah fotografi. Dimana ini adalah beberapa fakta cepat yang akan membantu kalian lebih memahami tentang sejarah fotografi. Memiliki gagasan yang jelas tentang bagaimana fotografi dimulai akan membantu kalian dapat berkembang dengan passion atau hobi yang kalian miliki tentang seputar fotografi dalam pembuatan gambar.

Baca Juga:

Kuncoro
Kuncoro Halo saya Dery Yudha Kuncoro terima kasih