Widget HTML #1

Apa yang Harus Dimakan Pemain Bola Basket

makanan sehat, makanan sehat untuk jantung, makanan sehat untuk diet, makanan sehat adalah, makanan sehat untuk jantung dan lambung, makanan sehat untuk ginjal, makanan atlet, makanan atlet sepak bola, makanan atlet lari, makanan atlet sebelum bertanding, makanan atlet sepak bola eropa, makanan atlet sepak bola indonesia, makanan atlet badminton, makanan atlet binaraga, makanan atlet sepeda, makanan atlet renang, makanan atlet bola basket, makanan atlet basket, makanan atlet basketball,makanan atlet nba, makanan yang dilarang untuk atlet, makanan atlet basket, daftar menu makanan atlet sepak bola, makanan atlet badminton, makanan atlet sepak bola indonesia, makan malam atlet, jadwal makan atlet, makanan atlet sepak bola eropa
Health food || Source: Pixabay
Makanan atlet. Makanan adalah zat yang dikonsumsi oleh makhluk hidup untuk memperoleh nutrisi yang selanjutnya diproses menjadi energi. Nutrisi yang terkandung dalam makanan seperti lemak, protein, serat, mineral, karbohidrat, dan vitamin, yang merupakan sebagai nutrien yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Ada banyak sekali berbagai makanan yang di konsumsi oleh manusia, dari makanan sehat dan makanan tidak sehat. Salah satu makanan yang harus di makan oleh atlet adalah makanan sehat.

Makanan sehat adalah makanan yang semestinya memiliki kandungan bermacam gizi yang diperlukan oleh tubuh. Badan membutuhkan beragam jenis gizi agar terus sehat dan perkembangan bisa berjalan dengan maksimal.

Makanan sehat adalah salah satu hal yang sangat penting bagi seorang atlet. Makanan sehat juga merupakan sebuah hal yang menjadi pendukung dan memiliki pengaruh yang besar bagi pertumbuhan seorang atlet salah satunya yaitu atlet basket.

Seorang pemain bola basket harus makan-maknanan sehat tidak hanya untuk permainan tetapi untuk kesehatannya secara keseluruhan. Tetapi karena olahraga adalah suatu aktivitas yang membakar banyak energi, pemain harus makan lebih banyak makanan yang mengandung nutrisi yang tepat yang akan memberinya energi untuk mempertahankan kebutuhan bahan bakarnya, tetapi tetap seimbang untuk mencapai penggunaan yang optimal.

Nah, untuk itu disini saya akan membahas makanan yang harus dimakan pemain basket agar tetap bisa seimbang dengan kebutuhan dan tetap optimal.

Berikut ini adalah 2 kelompok makanan dasar yang harus dimakan pemain bola basket yaitu protein dan karbohidrat.

Protein Untuk Atlet

Protein adalah blok bangunan tubuh yang bertanggung jawab untuk membuka peningkatan kekuatan dan massa otot melalui latihan. Protein ditemukan dalam ikan, telur, produk susu, susu, dan daging. 

Ada juga jenis sayuran yang kaya akan protein. Contoh sayuran yang kaya akan protein adalah tanaman polong-polongan atau tanaman yang tumbuh di pohon anggur atau memanjat kacang atau kacang seperti kacang tanah, kedelai, dan asparagus. Protein harus memasok 10 persen dari kebutuhan energi kita.

Karbohidrat Untuk Atlet

Karbohidrat sangat penting untuk fungsi otak kita. Karbohidrat nantinya akan disimpan di hati dan otot sebagai glikogen. Mereka sering ditemukan dalam makanan seperti nasi, roti, kentang, pasta, buah-buahan, madu, selai, dan kacang-kacangan.

Karbohidrat harus memasok 50 persen dari kebutuhan energi kita. Namun, karena pemain bola basket membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk membuatnya tetap dalam permainan, beberapa ahli gizi olahraga mengharuskan pemain untuk melakukan diet karbohidrat 70 persen.

Selain itu lemak juga dibutuhkan oleh seorang pemain bola basket, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tetapi harus diminimalkan agar tetap optimal.

Makan Sebelum Pertandingan Bola Basket

Makanlah minimal 1 jam sebelum pertandingan. Ini memberi tubuh cukup waktu untuk mencerna makanan sebelum menggunakannya selama pertandingan. Disarankan bahwa pemain harus makan banyak karbohidrat untuk menyimpan energi.

Makan Selama Pertandingan Bola Basket

Pemain tidak sering terlihat makan selama permainan tetapi kebanyakan orang tidak mengetahui hal ini. tetapi makan pisang selama permainan membantu pemain untuk mengisi kembali energi yang hilang dengan cepat. Minum cairan secara teratur selama pertandingan membantu pemain mengembalikan air yang hilang dari permainan.

Makan Setelah Pertandingan Bola Basket

Setelah permainan, pemain harus makan protein, lalu karbohidrat. Hal ini karena protein membantu memfasilitasi karbohidrat untuk mengisi bahan kimia penyimpanan sel tubuh yang disebut glikogen. Glikogen menyimpan glukosa, komponen penting dalam metabolisme. 

Tanpa keduanya, tubuh tidak akan mendapatkan kembali energi yang hilang dari permainan sebelumnya dan akan berkontribusi pada kelelahan mental dan fisik.

Perhatikan bahwa protein dan karbohidrat bukan satu-satunya persyaratan pemain. Ia juga harus berolahraga untuk membantu menjaga tubuhnya tetap sehat dan bugar.

Selain itu bersumber dari sport-net.org, salah satu contoh makanan yang di makan oleh superstar NBA yaitu LeBron James yang dilaporkan memiliki nafsu makan yang besar, dimana ia dikenal makan sereal, French Toast, telur, lobster, steak, ikan, smoothie, protein shake, kue, pasta, ayam, buah, sayuran, dan banyak lagi. Yang merupakan makanan yang mendukung tubuh agar tetap sehat dan kuat.

Selain itu makanan sebagai sumber energi yang disukai otot, rata-rata, diet pemain NBA harus terdiri dari sekitar 55% yang berasal dari makanan kaya karbohidrat seperti sayuran, pasta, roti, buah-buahan, dan nasi.

Iya, itulah makanan yang harus dimakan oleh seorang atlet pemain bola basket. Tidak hanya atlet bola basket, makanan tersebut juga sangat penting bagi semua atlet, karena protein dan karbohidrat adalah makanan yang sangat penting bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Baca juga: