Widget HTML #1

Tentang Bintang dan Matahari

Tentang Bintang dan Matahari, tentang bintang, tentang matahari, langit malam, bintang di langit malam, matahari adalah bintang, Bima Sakti, Langit Malam, Ruang Angkasa, Lanskap, bintang adalah, macam macam bintang, jarak matahari ke bumi, matahari adalah, planet adalah, matahari tata surya, ukuran bintang, gambar bintang, matahari adalah, star, sun, melihat langit di langit malam
Bintang-bintang di langit malam || Source: Pixabay

Apa itu bintang? bintang adalah benda yang ada di luar angkasa yang dapat memancarkan cahaya sendiri dari gas yang bersinar oleh radiasi yang berasal dari sumber energi internal. Sementara itu menurut ilmu astronomi bintang memiliki arti dimana semua benda masif yang sedang dan pernah memberlangsungkan pembangkitan energi lewat reaksi fusi nuklir.

Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari. Matahari adalah bintang yang merupakan pusat dari tata surya bumi, di mana planet-planet berputar dan juga sumber dari planet-planet untuk menerima cahaya dan panas.

Selain itu ada juga banyak bintang lain yang dapat terlihat dengan mata telanjang di malam hari, tetapi karena jaraknya yang sangat jauh dari Bumi, mereka muncul sebagai titik cahaya tetap yang berada di langit.

Bola bersinar yang menyinari kita pada siang hari sebetulnya ialah bintang seperti semuanya yang Anda saksikan pada malam hari di langit, dengan salah satu ketidaksamaan jika itu lebih dekat dibanding lainnya, persisnya 272000 kali lebih dekat dibanding Proxima of the Centaur yang disebut bintang paling dekat dari tata surya dengan 4,3 tahun sinar.

Seperti semua bintang, Matahari ialah bola gas yang paling panas yang sangat besar yang temperaturnya sekitaran 6000°C di permukaan tetapi mencapai jutaan derajat di jantung bintang.

Bahannya pada dasarnya terdiri dari hidrogen pijar yang digabung dengan sedikit helium. Matahari berwujud gas di permukaan tetapi menjadi cair dengan cepat dan mungkin padat di kedalaman karena tekanan yang tinggi sekali yang terjadi di sana. Tetapi semuanya dilaksanakan secara bertahap.

Matahari berputar-putar sendirinya seperti balon lengket. Di khatulistiwa, misalkan, permukaan Matahari berputar-putar dalam kurun waktu 25,4 hari dan di kutub perputarannya berjalan sepanjang 32 hari.

Matahari menjadi bola gas bercahaya, Matahari tidak mempunyai permukaan padat seperti Bumi atau Bulan. Kenyataannya, bila Anda mempunyai fasilitas untuk memperhatikan Matahari dengan jeli, Anda akan mendapati jika permukaan matahari, yang Anda gambar sebagai lingkaran kuning, tidak ada. Kepadatannya benar-benar rendah hingga seperti kehampaan. Pada realitanya, Anda akan menembus Matahari seperti kabut tebal, tapi benar-benar panas.

Semua gas ini berupa bola. Kenyataannya, dengan massa 330.000 kali semakin besar dari Bumi dan diameter 109 kali semakin besar dari Bumi, gaya gravitasinya tinggi sekali hingga menahan gas keluar ke luar angkasa. Itu penyebabnya dia membentuk bola. Tetapi di permukaan, terlepas dari gravitasi yang tinggi, misal Anda berada di Matahari maka berat Anda akan 28 kali berat di Matahari, yaitu sekitaran 1 ton, Penekanan menjadi benar-benar rendah hingga material bisa terlepas ke luar angkasa berbentuk tonjolan.

Jadi tiap detik Matahari kehilangan beberapa juta ton materi di ruang angkasa, tapi untungnya bagi kita Matahari mempunyai cadangan untuk 5 miliar tahun lagi.

Karena Matahari besar sekali dan memiliki kandungan banyak materi, dalam nukleus materi ini mengalami penekanan kolosal dan panas yang demikian luar biasa, pada posisi 15 juta derajat, dimana pada 6000°C hanya di pusat Bumi. Itu reaksi nuklir mirip dengan yang menghasilkan ledakan atom yang terjadi. Energi yang dilepaskan oleh semua ledakan inilah yang menciptakan panas Matahari.

Selain itu bintang juga memiliki berbagai variasi sendiri setiap bintangnya. Meskipun biasanya bintang hanya terlihat seperti titik cahaya yang semuanya memiliki bentuk yang sama pada saat dilihat dari bumi, namun sebenarnya bintang memiliki variasi tersendiri tiap bintangnya yang berbeda dari bintang yang satu dengan bintang yang lain.

Dimana bintang memiliki variasi dari hal-hal berikut ini yaitu dalam hal suhu, warna, massa, ukuran, jarak, usia, orbit, dan luminositas.

Hal tersebutlah yang membuat bintang memiliki variasi dan bentuk yang berbeda-beda setiap bintangnya, waluapun dari bumi bintang terlihat sama pada waktu malam hari.

Iya, itulah sedikit tentang bintang, dimana Matahari merupakan salah satu dari bintang, karena Matahari merupakan salah satu benda luar angkasa yang bisa memancarkan cahaya sendiri seperti bintang, sehingga Matahari juga termasuk bintang. Semoga bermanfaat.

Baca juga: