Widget HTML #1

Berbahagialah! Kebahagiaan Mempelajari Alam Semesta

bahagia bersamamu, bahagia, bahagia itu sederhana, bahagia aku, bahagia adalah, bahagia bersamamu, bahagiaku bila bersamamu, be happy quotes, be happy don't worry, happymod, be happy friday, be happy for me quote. be happy birthday images. be happy birthday wishes, be happy socks, be happy days, be happy birthday, keindahan alam adalah, kata-kata menyatu dengan alam, quotes tentang alam dan cinta, caption ig tentang semesta, Berbahagialah!--Untuk Kebahagiaan Alam Semesta dan Kehidupan Diciptakan Melawan Kemungkinan yang Mustahil, Happy, Happiness, Be Happy, Universe, Life, Creation
Mengamati alam semesta || Source: Pixabay
Kebahagiaan. Kebahagiaan adalah satu kondisi pemikiran atau hati yang diikuti dengan rasa kecukupan sampai kesenangan, cinta, kepuasan, keasyikan, atau keceriaan yang intens. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kebahagiaan adalah kesenangan dan ketenteraman hidup (lahir batin), atau bisa diartikan sebagai keberuntungan, atau juga kemujuran yang bersifat lahir batin. 

Pastinya semua orang selalu mendambakan kebahagiaan dalam kehidupannya dengan mencari cara bagaimana kebahagiaan tersebut dapat hadir pada diri kita, tetapi untuk mendapatkan suatu kebahagian setiap orang berbeda-beda. 

Misalnya ada orang yang merasa bahagia dengan membelanjakan uangnya atau ada juga yang merasa bahagia apabila mempelajari sesuatu. Salah satunya yaitu tentang mempelajari alam semesta.

Dengan mempelajari alam semesta yang kita tempati ini, maka seseorang akan mengetahui tentang asal usul tentang alam semsesta ini yang akan memberikan kebahagiaan dan kepuasan tersendiri pada beberapa orang. Nah, disini mari kita mulai mencari kebahagiaan dari awal. Itu adalah dari awal alam semesta ini.

Teori penciptaan alam semesta yang paling masuk akal dan diterima secara luas adalah teori penciptaan “Big Bang”. Menurutnya, alam semesta tercipta dari ledakan material super padat dan ekspansi material yang diakibatkannya. Namun, bahkan jika semua kondisi untuk penciptaan alam semesta pada awalnya benar, banyak faktor yang harus tepat untuk pembentukan alam semesta berikutnya. Sebagai contoh:

Faktor Pembentukan Alam Semesta

kata bijak tentang semesta, keindahan alam semesta ciptaan allah swt, kata-kata keindahan, kata-kata keindahan alam menurut islam, alam semesta hanya diciptakan oleh satu dzat yaitu, allah menciptakan alam semesta ini menunjukkan allah itu maha, penciptaan alam semesta menurut al quran dan sains, 6 masa penciptaan alam semesta menurut al quran, bukti bahwa allah adalah pencipta alam semesta ini dijelaskan dalam firman allah surah, tujuan allah menciptakan alam semesta menurut alkitab, pencipta alam semesta adalah, allah menciptakan alam semesta untuk
Fantasi ruang angkasa || Source: Pixabay

  • Alam semesta kita mengembang seperti balon polkadot yang sedang ditiup. Setiap titik (mewakili bintang atau galaksi) di atasnya menjauhkan diri dari satu sama lain. Sekarang, jika tingkat pengembangan alam semesta yang baru diciptakan berbeda bahkan sangat kecil dari apa yang sebenarnya, tidak akan ada alam semesta. Sedikit lebih lambat dan kosmos akan runtuh kembali, sedikit lebih cepat dan materi kosmik sudah lama sekali akan benar-benar tersebar.
  • Jika kerapatan alam semesta sedikit lebih, alam semesta tidak akan mengembang tetapi, karena gaya tarik-menarik partikel atom, berkontraksi, akhirnya runtuh. Jika kerapatan awal sedikit lebih kecil, maka alam semesta akan berkembang jauh lebih cepat daripada sekarang dan tidak ada bintang dan galaksi yang akan pernah terbentuk.
  • Massa dan volume proton jauh lebih besar daripada elektron, tapi anehnya, kedua partikel ini memiliki muatan listrik yang sama (walaupun berlawanan). Karena fakta ini atom bersifat netral secara listrik. Jika atom tidak netral secara elektrik, masing-masing atom akan saling tolak-menolak dan seluruh alam semesta akan meledak.
  • Empat gaya fundamental di alam, dalam urutan intensitas yang menurun, adalah gaya nuklir kuat, gaya nuklir lemah, gaya elektromagnetik, dan gaya gravitasi. Perbedaan antara yang terkuat dan terlemah adalah sekitar 25 diikuti oleh 38 nol. Masih dalam rentang yang besar itu, individu dan besaran komparatif dari gaya-gaya tersebut seimbang dengan hati-hati jika tidak, alam semesta tidak akan ada.

Jika penciptaan alam semesta yang berkelanjutan adalah keajaiban, evolusi kehidupan di dalamnya juga sama:

  • Seandainya matahari kita 30% lebih besar, ia akan terbakar habis dalam empat miliar tahun, waktu yang terlalu singkat bagi kehidupan cerdas untuk berevolusi. Seandainya lebih kecil 95% bintang lebih kecil dari matahari kesulitan lain akan menyusul. Demikian pula, seandainya matahari tidak menjadi sumber energi tetap selama miliaran tahun, seandainya orbit bumi mengelilingi matahari sedikit lebih sempit atau lebih lebar, seandainya planet Jupiter terlalu dekat atau terlalu jauh untuk menyelamatkan bumi dari hujan steroid, lalu bulan tidak terlalu besar untuk menstabilkan kemiringan sumbu bumi menjadi sekitar 23 derajat, seandainya posisi tata surya di galaksi terlalu dekat tepi atau terlalu dekat ke tengah, bentuk kehidupan yang lebih maju tidak akan mungkin terjadi.
  • Molekul berbasis karbon hanya dapat bertahan antara batas 120° dan -20° C dan bumi adalah satu-satunya planet yang suhu rata-ratanya berada dalam batas tersebut. Ketika kita mempertimbangkan alam semesta secara keseluruhan, menemukan kisaran suhu sesempit ini adalah tugas yang cukup sulit karena suhu di alam semesta bervariasi dari jutaan derajat bintang terpanas hingga nol mutlak (-273° C).
  • Hampir semua radiasi yang dipancarkan matahari jatuh ke dalam satu pita yaitu 10-25 dari seluruh spektrum. Radiasi yang diperlukan dan kondusif untuk kehidupan termasuk dalam pita sempit ini. Ini juga satu-satunya radiasi di mana fotosintesis bekerja dan mata kita dapat melihat.
  • Air juga memiliki sifat luar biasa yang kondusif bagi kehidupan di bawah 4° C air mengembang (sehingga bahkan jika kolam dll. membeku di permukaan di bawah air tidak), panas laten tertinggi, kapasitas termal tinggi, konduktivitas termal tinggi sedangkan es dan salju rendah, tegangan permukaan tinggi, dan viskositas, dll.

Langkah pertama menuju kebahagiaan adalah menyadari keanehan penciptaan dan kehidupan yang bahagia tapi mustahil. Kami sangat beruntung memiliki alam semesta terlebih lagi memiliki alam semesta yang penuh dengan kehidupan. 

Karena kehidupan sangat tidak mungkin, bumi mungkin satu-satunya planet di mana ada kehidupan atau mungkinkah ada suatu kehidupan yang sama seperti di bumi namun masih belum bisa dijelajah oleh para manusia. Dalam menjadi makhluk hidup, dilahirkan sebagai manusia adalah hal paling bahagia yang pernah terjadi pada siapa pun. Semoga bermanfaat.

BE HAPPY!

Baca juga: