Widget HTML #1

Mengenal Tentang Permainan Bola Basket

Pengertian Bola Basket

teknik dasar bola basket, sejarah bola basket, pengertian bola basket, lapangan bola basket, materi bola basket, pengertian bola basket brainly, induk organisasi bola basket di indonesia adalah, 7 teknik dasar bola basket, waktu permainan bola basket, sejarah permainan bola basket, jumlah pemain bola basket, permainan bola basket diciptakan oleh, permainan bola basket diciptakan pada, ukuran lapangan bola basket, Mengenal Tentang Permainan Bola Basket, Pengertian Bola Basket, perempuan bermain basket
Pemain basket sedang menjaga bola || Source: Pixabay

Bola basket adalah suatu olahraga bola besar yang dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari dua tim beranggotakan masing-masing 5 orang di setiap timnya yang sama-sama bertanding untuk mencetak skor dengan memasukkan bola ke ring musuh untuk dapat memenangkan pertandingan.

Bola basket adalah Salah satunya olahraga yang terkenal di dunia yang memiliki banyak sekali fansnya dari semua kalangan umur, olahraga ini benar-benar menyenangkan, mendidik, kompetitif, menghibur, dan juga menyehatkan.

Seperti olahraga lainnya, bola basket memiliki peraturan tertentu. Jumlah pemain dalam bola basket yakni ada 5 pemain pada setiap timnya yang saling bertanding dan ada 10 pemain dalam lapangan dari jumlah kedua tim tersebut.

Baca juga: Sejarah Singkat Tentang Olahrag Bola Basket

Passing Dalam Bola Basket

macam-macam passing dalam bola basket, shooting dalam bola basket adalah, 4 macam passing dalam bola basket, gambar passing dalam bola basket, passing bawah dalam permainan bola basket, teknik dasar bola basket, di bawah ini adalah macam-macam teknik dasar passing dalam bola basket kecuali, back pass dalam bola basket adalah,Chest Pass ( Umpan Dada), Bounce Pass ( Umpan Pantul), Overhead Pass (Umpan Atas Kepala)
Pemain basket melakukan passing || Source: Pixabay

Passing adalah memberi atau mengumpan bola ke rekan pemain yang satu tim dengan kita. Dalam olahraga bola basket, umpan atau passing ini juga merupakan komponen yang sangat memengaruhi hasil akhir dalam sebuah pertandingan. Umpan yang pas ialah umpan yang mengarah dengan baik dan berkesempatan besar bisa ditangkap oleh rekan satu tim yang diberi umpan.

Secara umum passing di dalam olahraga bola basket ada 3, yaitu:

1. Chest Pass ( Umpan Dada)

2. Bounce Pass ( Umpan Pantul)

3. Overhead Pass (Umpan Atas Kepala)

Dribbling Dalam Bola Basket

shooting dalam bola basket adalah, sebutkan 2 cara dribbling dalam bola basket, teknik dasar bola basket, materi dribble bola basket, medium dribble adalah, dribbling merupakan salah satu gerak dasar dalam permainan bola basket yang berarti, dribbling sepakbola adalah, menggiring bola menggunakan tangan, Dribbling Dalam Bola Basket
Pemain basket sedang dribbling || Source: Pixabay

Dribbling kerap disebutkan dengan membawa atau menggiring bola. Pada umumnya dribbling adalah suatu gerakan dasar yang benar-benar dibutuhkan untuk para pemain bola basket. Dribbling ini adalah suatu teknik yang harus dikuasai oleh pemain bola basket guna untuk bisa menguasai bola dalam pertandingan.

Berikut ini adalah cara mendribble yang baik dalam permainan bola basket:

1. Berlatihlah untuk bisa melakukan dribbling dengan menggunakan kedua tangan, dimana jangan hanya mengunakan tangan yang kuat untuk mendribble bola.

2. Upayakan pada saat mendribbble penglihatan melihat kedepan dengan melihat situasi dalam pertandingan dan posisi lawan dan kawan.

3. Pakailah telapak jemari dalam melakukan dribbling bola.

4. Pantulkan bola di depan dan upayakan bola masih tetap pada kondisi rendah.

5. Gunakan salah satu tangan yang tidak di gunakan untuk melindungi bola dari lawan.

Pola Penyerangan Dalam Bola Basket

pola penyerangan bola basket dan gambarnya, pola pertahanan bola basket, pola penyerangan sepak bola, pola penyerangan kilat berpola, pola penyerangan bebas bola basket, dalam permainan basket yang bukan pola penyerangan adalah, kelebihan dan kekurangan pola penyerangan bola basket, pola penyerangan bola basket 1-3-1, Drive Bola Basket
Pemain basket melakukan lay up || Source: Pixabay

Pola penyerangan adalah suatu teknik dan strategi yang digunakan oleh masing-masing tim dalam olahraga bola basket untuk melakukan serangan yang mencakup taktik secara individu maupun tim dalam bola basket.

Pola penyerangan dalam permainan bola basket ada 5, yaitu:

1. Drive Bola Basket

Drive adalah serangan yang dilakukan dengan cara mendribble bola dan menerobos pertahanan lawan dalam pertandingan dan mengakhirinya dengan melakukan tembakan untuk memperoleh poin.

2. Fast Break Bola Basket

Fast Break adalah Serangan yang dilaksanakan secara cepat dari posisi bertahan menuju posisi menyerang pada saat para musuh belum mengatur posisi pertahanan mereka setelah melakukan penyerangan.

3. Shuffle Bola Basket

Shuffle adalah serangan yang dilaksanakan oleh seluruh pemain dengan melakukan pergerakan yang teratur untuk upaya dalam mencetak angka dalam dan melakukan pertahanan.

4. Set Offence Bola Basket

Set Offence adalah Serangan dalam permainan bola basket yang dilaksanakan secara terkonsep dan perlahan dengan mengatur jalur serangan dan para pemain yang sedang berada di lapangan memiliki tugas masing-masing.

5. Reverse Action Bola Basket

Reverse Action adalah Serangan dalam permainan bola basket dengan memakai formasi 2-3 yakni pemain di daerah penyerang dengan posisi 2 pemain dibelakang dan 3 pemain lainnya ada berada di depan.

Adegan Pola Penyerangan Bola Basket

pola penyerangan bola basket 1-3-1, pola penyerangan diamond dalam bola basket menggunakan formasi, gambar pola pertahanan bola basket, pola penyerangan bebas, pola penyerangan reverse, pola penyerangan reverse bola basket disebut juga, pola reverse diperlukan untuk penyerangan terhadap pertahanan, apa yang dimaksud pola diamond dalam permainan, Adegan Pola Penyerangan Bola Basket brainly, sebutkan adegan adegan pola penyerangan dalam basket?
Pemain basket melakukan drive || Source: Pixabay

Dalam permainan bola basket ada juga adegan pola penyerangan atau formasi pola penyerangan. Dimana dalam permainan bola basket ada 3 adegan pola penyerangan.Berikut ini adalah adegan pola penyerangan dalam permainan bola basket:

1. Adegan Pola penyerangan 1-3-1 ( pola diamond)

Adegan diamond atau pola diamond baik sekali untuk melakukan penyerangan pertahanan daerah atau pertahanan satu lawan satu/ man to man. Unsur utama untuk menggunakan adegan diamond yaitu jika suatu tim memiliki 2 orang pemain jangkung.

2. Adegan Pola Penyerangan 1-2-2 (pola ault mann)

Adegan ault mann diaplikasikan jika suatu tim tidak mempunyai pemain jangkung dan dalam melakukan penyerangan tim tersebut hanya mengandalkan shooting jarak jauh atau three point shot.

3.  Adegan Pola Penyerangan 2-3 ( pola reverse)

Adegan reverse dibutuhkan untuk melakukan penyerangan pada pertahanan man to man atau satu lawan satu. Pada adegan reverse diperlukan kemampuan memotong dan membayang serta kegesitan yang benar-benar diperlukan saat melakukan pola penyerangan reverse ini.

Pertahanan Dalam Bola Basket

gerak dasar pertahanan dalam bola basket disebut, man to man defence dalam bola basket adalah, gambar pola pertahanan bola basket, gambar pola pertahanan bola basket man to man, pola pertahanan zone defence dalam sepak bola, sebutkan 4 macam pola pertahanan pada permainan bola basket, pola pertahanan pressing defence dalam permainan bola basket, gambar pola pertahanan 1-2-2 dalam bola basket, Pertahanan Dalam Bola Basket, Macam Macam Teknik Pola Pertahanan (Defensive) Bola Basket, sikap defense bola basket, Olah Kaki Bola Basket
Pemain yang berusaha mempertahankan bola || Source: Pixabay

Pertahanan adalah satu taktik untuk mengamankan daerah permainan tim supaya tim musuh tidak bisa cetak poin dalam permainan. Pada umumnya tipe pertahanan tim yang kerap dipakai adalah pertahanan satu musuh satu/man to man defense, di mana tiap pemain bertahan harus menjaga atau membuntuti satu pemain penyerang.

Macam Macam Teknik Pola Pertahanan (Defensive) Bola Basket

Pola Pertahanan adalah satu usaha yang dilakukan oleh tim bertahan dalam rencana menghalau serangan lawan agar tidak bisa mencetak poin. Ada beberapa macam Pola pertahanan dalam permainan bola basket. Berikut ini adalah macam pola pertahanan dalam permainan bola basket:

1. Sikap Defense Bola Basket

Sikap jaga untuk menjaga daerah pertahanan di lakukan kedua lutut ditekuk, sementara tubuh sedikit cenderung di depan dengan punggung nyaris lurus. Pada saat melakukan posisi tersebut, mata harus bergerak memantau gerak bola dan musuh. Pemain harus juga berdiri sedikit pada ujung-ujung kaki dan selalu jaga kesetimbangan badan. Selanjutnya, bentangkan dan angkat tangan untuk merintangi umpan dan penglihatan shooting lawan.

2. Olah Kaki Bola Basket

Saat melakukan olah kaki, jangan sekalipun melangsungkan langkah silang. Ambil jarak lebih cepat beberapa langkah dalam mengikuti penggiring. Merapatkan dan cegahlah musuh yang hendak melakukan tembak. Hadang dan tutuplah jalan potong yang ke arah daerah ring. Ingat, tidak boleh meloncat saat sebelum pemain musuh meloncat lebih dulu. Untuk menghindar tipuan pandanglah pinggang lawan.

Berikut ini adalah Macam-Macam Bentuk Pertahanan dalam permainan bola basket:

Macam-Macam Bentuk Pertahanan Bola Basket

gambar pola pertahanan bola basket, sebutkan 4 macam pola pertahanan pada permainan bola basket, sebutkan macam-macam pertahanan satu lawan satu permainan bola basket, sebutkan macam-macam bentuk pertahanan, apa tujuan pola penyerangan dalam permainan bola basket, dalam permainan bola basket pola penyerangan 1 – 2 – 2 tepat digunakan terhadap pertahanan, macam-macam bentuk pertahanan olahraga bola basket, erikut macam-macam pola penyerangan lanjutan dalam, Pertahanan Wilayah (Zone Defense), Pertahanan Satu Lawan Satu (Man to Man Defense)
Pemain basket melakukan man to man defense || Source: Pixabay

1. Pertahanan Wilayah (Zone Defense)

Pada pertahanan wilayah setiap pemain diberi tugas untuk menjaga daerah tertentu. Formasi pertahanan daerah adalah 2-1-2, 3-2, 2-3, 2-2-1 dan 1-2-2. Setiap formasi pertahan mempunyai kekurangan dan kemampuan masing-masing. Pertahanan wilayah benar-benar memberikan keuntungan jika di isi oleh beberapa pemain yang tinggi besar tetapi pergerakannya lamban.

2. Pertahanan Satu Lawan Satu (Man to Man Defense)

Pertahanan satu lawan satu sebagai pertahanan dengan memberikan tugas tiap pemain untuk menjaga salah satu lawan. Man to man defense di kelompokkan jadi beberapa jenis seperti pertahanan satu lawan satu dengan tetap, pertahanan satu lawan satu dengan ganti jaga, atau pertahanan satu lawan satu dengan penolong.

Iya, itulah sedikit mengenal tentang permainan bola basket, tentang pengertian bola basket, passing dalam bola basket, dribbling dalam bola basket, penyerangan, dan pertahanan yang ada di dalam permainan bola basket. Semoga bermanfaat.

Baca juga: