Widget HTML #1

Dasar Investasi Tentang Pentingnya Tujuan Dalam Berinvestasi

reksa dana, pengertian investasi, investasi reksadana, investasi jangka pendek, arti investasi, investasi jangka panjang, investasi yang menguntungkan, investasi yg menguntungkan, apa yang dimaksud dengan investasi, contoh investasi, jenis jenis investasi, pengertian reksa dana, pengertian reksadana, Dasar Investasi Tentang Pentingnya Tujuan Dalam Berinvestasi
Menentukan Tujuan Dalam Berinvestasi || Source: Pixabay

Investasi adalah satu aktivitas menanam modal, baik secara langsung atau tidak, dengan keinginan di saat kelak nanti pemilik modal dapat memperoleh beberapa keuntungan hasil dari penanaman modal itu.

Pada saat di Indonesia banyak orang yang tertarik terjun ke dalam dunia investasi, namun banyak yang kurang tepat dalam mengerti investasi yang sebenarnya, karena banyak orang yang melakukan investasi tetapi dengan tujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat dengan jual beli barang investasi tersebut. 

Sebenarnya hal tersebut yaitu dengan melakukan jual beli barang investasi seperti saham secara singkat bisa diartikan sebagai trading untuk dapat mencari keuntungan, karena trading dan investasi adalah hal yang berbeda.

Banyak perbedaan antara trading dan investasi seperti pada tujuannya, jangka waktu, dan beberapa hal lainnya. Biasanya seseorang yang berinvestasi yaitu memiliki tujuan untuk jangka panjang sedangkan trading bisanya yaitu membeli barang investasi dalam waktu singkat untuk menghasilkan keuntungan. Itulah yang membedakan antara trading dan investasi.

Namun disini saya tidak akan membahas tentang hal tersebut, tetapi saya kan membahas tentang dasar-dasar investasi dalam menentukan tujuan berinvestasi.

Saat seseorang melakukan investasi, banyak investor pertama kalinya langsung ingin terjun dengan kedua kaki dengan mengharapkan dapat sukses secara cepat. Tapi sayang, sedikit dari investor itu yang dapat meraih sukses. Melakukan investasi dalam apa saja memerlukan beberapa tingkat ketrampilan. Penting untuk kita ingat bahwa investasi ialah suatu hal yang jelas memiliki resiko kehilangan uang atau rugi yang besar.

Saat sebelum kalian terjun langsung, lebih bagus bukan hanya mencari tahu semakin banyak mengenai apa investasi dan langkah kerjanya, tapi juga tentukan apa tujuan dalam berinvestasi. Dalam berinvestasi tujuan sangatlah penting untuk bisa menjadi target dari investasi kita. 

Cari tujuan apa yang ingin kalian raih dengan investasi milik kalian.  Seperti apakah akan menggunakan investasi untuk memodali pernikahan atau untuk memodali biaya pendidikan perguruan tinggi atau untuk membeli rumah atau untuk membeli smartphone atau bahkan untuk dana pensiun dengan waktu yang telah ditentukan. 

Pada saat sebelum kalian menginvestasikan uang kalian, pikirkan lah dengan baik apa yang menjadi tujuan kalian dalam berinvestasi itu. Ketahui apakah tujuan kalian akan menolong dan membuat keputusan investasi yang lebih cerdas di sepanjang jalan berinvestasi kalian.

Banyak orang memiliki tujuan untuk menginvestasikan uang dengan mimpi jadi kaya dalam semalam. Memang hal tersebut kemungkinan itu bisa terjadi, tapi juga jarang-jarang. Umumnya hal tersebut adalah sebagai ide yang buruk sekali untuk memulai melakukan investasi dengan keinginan jadi kaya dalam semalam. 

Sebaiknya lebih aman untuk menginvestasikan uang kalian sedemikian dengan tujuan yang lebih tepat hingga uang milik kalian akan tumbuh perlahan-lahan seiring berjalannya waktu, dan dipakai untuk misal untuk masa pensiun atau tujuan lainnya untuk jangka panjang. 

Tetapi, bila arah investasi kalian ialah jadi kaya secara cepat, maka kalian harus belajar sebanyak-banyaknya mengenai investasi jangka pendek dengan hasil yang tinggi saat sebelum kalian melakukan investasi. Karena berinvestasi di saham atau crypto currency memiliki resiko yang sangat tinggi, tetapi juga memiliki keuntungan yang sangat tinggi pula.

Kalian harus benar-benar menimbang dengan perencanaan keuangan yang tepat saat sebelum melakukan investasi apa saja. Perencana keuangan bisa menolong kalian untuk menentukan tipe investasi apa yang perlu kalian kerjakan untuk mencapai tujuan keuangan yang sudah kalian tentukan, hal ini bisa memberikan kalian info yang realistis mengenai pengembalian semacam apa yang bisa kalian harap dan berapakah lama masa waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Bahkan kini di berbagai aplikasi investasi ada layanan yang bisa membantu kalian dalam memilih investasi yang tepat bagi kalian sesuai dengan tujuan dan tingkat resiko kalian, dimana layanan tersebut adalah Robo-advisor atau biasa disebut Robot penasihat.

Robo advisor adalah penasihat keuangan yang bisa memberi anjuran investasi digital dan mengurus portofolio investasi milik investor dengan memakai algoritma khusus yang sedikit atau tanpa menyertakan manusia. Hal tersebut pun sangatlah membantu untuk kalian dalam mengatur investasi dan mengetahui bagaimana tingkat resiko yang kalian miliki.

Satu kali lagi, ingat-ingatlah jika melakukan investasi memerlukan lebih dari sekedar hanya asal membeli atau menjual saham atau obligasi. Tetapi juga Diperlukan beberapa riset dan pengetahuan mengenai pasar bila Anda mengharap untuk melakukan investasi dengan sukses.

Iya, itulah tentang dasar investasi mengenai apa tujuan investasi kalian, karena dalam berinvestasi tujuan sangatlah penting sebagi target kedepannya.Saat ini untuk berinvestasi sangatlah mudah, seperti berinvestasi saham, kini kalian tak perlu pergi ke tempat perusahaan sekuritas, dengan daftar dirumah saja melalui aplikasi seperti Ajaib atau IPOT kalian sudah bisa membuat Rekening Dana Nasabah dan melakukan jual beli saham atau reksadana tanpa keluar rumah. Semoga bermanfaat.

Baca juga: