Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Manhwa Adalah

Manhwa

manhwa adalah, Manhwa Solo Leveling, komik korea, baca komik, komik indo, manga indo, baca komik online, mangaku online

Manhwa adalah (Korean: 만화; Hanja: 漫畵; Ejaan Bahasa Korea: [manhwa]) sebuah istilah dari bahasa Korea yang digunakan untuk menyebut sebuah komik.

Dimana istilah manhwa di luar wilayah Korea itu sendiri memiliki arti yang mengacu pada komik buatan yang berasal dari Korea Selatan. Meskipun begitu industri komik ini juga dimiliki oleh Korea Utara.

Kadang kala masih banyak orang yang kurang paham tentang apa itu manhwa, manga, dan manhua yang menganggap itu sama seperti manga yang berasal dari Jepang.

Memang kata manhawa ini mirip dengan "manga" dalam Bahasa Jepang dan "manhua" dalam bahasa China, karena sebenarnya karakter huruf Cina lah yang menjadi dasar pada ketiga kata tersebut.

Tetapi memang ketiga hal tersebut merupakan sama-sama komik namun hanya berasal dari negara yang berbeda, dimana manhwa dari Korea, manga dari Jepang, dan manhua dari China.

Selain itu sebenarnya cara membaca komik manhwa, manga, dan manhua itu berbeda. Cara membaca komik manhwa dan manhua yaitu dari kiri ke kanan atau atas ke bawah sedangkan manga dari kanan ke kiri.

Dari segi pewarnaannya juga berbeda, dimana pewarnaan komik manhwa dan manhua yaitu berwarana atau colorfull sedangkan manga sendiri biasanya berwarna hitam putih.

Sedangkan dari segi cerita manhwa, manhua, dan manga mengangkat genre cerita yang sama seperti romance, action, fantasi, sports dan masih banyak lagi.

Sejarah Manhwa

Secara ilmu bahasa kata manhwa, manga, dan manhua semuanya memiliki arti yang sama yaitu komik dari masing-masing bahasa yaitu Korean, Jepang, dan Cina .

Pemakaian istilah manhwa dan manhua pada saat ini memang sebagian besar di karena keberhasilan dari manga Jepang secara universal. Walaupun pada pemahaman tradisional, bahasa-bahasa ini  mempunyai arti yang mirip, di mana dalam bahasa Inggris istilah manhwa dan manhua kebanyakan merujuk pada komik yang terinspirasi dari manga.

Sebutan manhwa mulai populer digunakan di Korea sejak tahun 1920-an, dimana ketika itu kata manhwa diaplikasikan pada kartun. Karena dari tahun 1910 hingga 1945 Korea ada di bawah kuasa Jepang maka unsur bahasa dan budaya Jepang sampai pada masyarakat Korea.

Saat pertengahan 1920-an, di mana hampir sebagian besar perusahaan yang berfokus pada surat kabar politik ditutup, serta politik dan kartun sosial ditinggalkan serta mendukung ilustrasi tentang hiburan dan anak-anak.

Namun setelah berdirinya Republik Korea yang saat itu di kenal Korea Selatan, kartun politik perlahan-lahan muncul kembali pada tahun 1948. Sesudah bertahun-tahun dari Jepang berkuasa, di mana komik surat kabar tersebut menampilkan banyak kritik sosial. 

Salah satunya yaitu artis populer Korea Kim Yong-hwan  yang mulai membuat majalah komik pertama  Manhwa Haengjin, namun pada tahun 1948 majalah tersebut segera ditutup karena pemerintah pada saat itu tidak setuju dengan sampul komiknya.

Namun popularitas komik kembali melonjak semasa tahun 1950-an & 1960-an, serta keragaman bentuk dan bahan pelajaran menyebabkan terciptanya berbagi genre baru seperti sunjeong dan genre romantis yang ditargetkan untuk para perempuan muda.

Pada saat itu tersedia Manhwabang yang merupakan sebuah tempat seperti comic cafe dan toko tempat untuk membaca manhwa, di mana pembacanya  dikenai tarif tertentu untuk duduk dan membaca komik, yang telah diperkenalkan kepada publik pada saat itu.

Merujuk karena meningkatnya publikasi komik saat itu, serta perubahan politik dan sosial di Korea Selatan, pemerintah mulai memberlakukan UU sensor dan pada pertengahan 1960-an pemerintah menciptakan monopoli distribusi komik yang kemudian menyensor manhwa.

Manga sangat mempengaruhi manhwa dari perantara pembuatan selama Jepang berkuasa di Korea saat itu dan terus memberikan pengaruh yang besar karena industri manga merupakan kekuatan utama pada budaya Jepang dan mulai mengekspor komik ke ranah luar negeri.

Seorang penulis manhwa disebut manhwaga. Manhwaga ini tidak terpisah secara budaya, dan masuknya manga ke pasar komik Korea memiliki pengaruh yang kuat pada seni dan konten manhwa bagi para banyak seniman.

Baca Komik Manhwa Indo

webtoon, aplikasi webtoon, manga indo, baca komik online gratis, manga korea, the god of high school webtoon

Cara baca komik indo manhwa kalian bisa membaca melalui sebuah aplikasi seperti webtoon. Dimana webtoon adalah komik korea daring yang pertama kali populer sekitar tahun 2000-an yang memiliki akses secara gratis dan tersedia di internet yang populer di seluruh dunia.

Di dalam webtoon terdapat berbagai komik online indo yang bisa kalian baca dan nikmati secara gratis di aplikasi webtoon. Dimana kalian tinggal download webtoon di google play store atau app store gratis.

Selain baca komik online melalui webtoon, kalian juga bisa melalui situs baca komik online yang bisa kalian temukan di google untuk baca komik.

Saat ini banyak sekali situs baca komik yang menyediakan berbagai komik manhwa lengkap yang bisa kalian nikmati secara gratis.

Dimana kalian bisa mengunjungi situs manhwa lengkap seperti komikid, bacakomik, komiku.id, sektekomik, komikcast, dan masih banyak lagi. Dimana situs baca komik tersebut menyediakan komik manhwa lengkap dengan subtitle Indonesia seperti komik Solo Leveling dan masih banyak lagi.

Selain membaca komik manhwa, kalian juga bisa baca komik manga secara online seperti komik one piece yang b

isa kalian baca secara gratis.

Baca Juga :

Kuncoro
Kuncoro Halo saya Dery Yudha Kuncoro terima kasih

Posting Komentar untuk "Istilah Manhwa Adalah"