Widget HTML #1

3 Hal Utama untuk Meningkatkan Keterampilan Rebound

3 Hal Utama untuk Meningkatkan Keterampilan Rebound, 3 pelajaran Utama untuk Meningkatkan Keterampilan ReboundBerikut ini yang tidak termasuk gerakan shooting dalam bola basket adalah, Lay up adalah, gambar rebound bola basket, cara melakukan rebound dalam bola basket, rebound merupakan salah satu teknik dalam olahraga, offensive rebound adalah, teknik dasar bola basket, lapangan bola basket, pivot dalam bola basket, manfaat rebound, Mengapa rebound terlihat sangat penting dalam mencari poin pada permainan bola basket?, Bagaimana offensive rebound dapat terjadi dalam permainan bola basket?, Apa saja teknik dasar permainan bola basket?, Menangkap Bola Rebound, rebound
Menangkap Bola Rebound || Source: Pixabay

Ketrampilan rebound. Dalam permainan bola basket rebound adalah suatu teknik yang berperan sangat penting dalam suatu pertandingan bola basket bagi suatu tim, karena biasanya tim yang memiliki presentasi rebound lebih tinggi akan memenangkan pertandingan tersebut.

Biasanya tim yang memiliki pemain dengan ketrampilan rebound yang lebih bagus, akan lebih banyak menguasai jalannya pertandingan, karena akan mendapatkan bola kembali dan menguasai pertandingan apabila tembakan ke ring tidak menemui sasaran.

Dimana di setiap pertandingan ada 2 kesempatan kalian bisa mendapatkan bola dari pantulan finishing yang gagal, dimana saat kalian menyerang dan saat kalian bertahan atau yang disebut offensive rebound dan defensive rebound. Nah, untuk menjadi seorang pemain rebounder yang bagus kalian harus perlu mempelajari hal-hal berikut ini untuk bisa menjadi rebounder di keseluruhan tim.

Seperti artikel tentang rebound sebelumnya yang membahas tentang tips rebound yang baik, disini saya akan membahas tentang pelajaran utama untuk meningkatkan keterampilan rebound.

Yuk, langsung saja inilah hal utama yang berpengaruh dalam meningkatkan ketrampilan rebound untuk para pemain basket.

Meningkatkan Ketrampilan Rebound

Meningkatkan Ketrampilan Rebound, Membuat Posisi Tubuh Yang Tepat, Mengantisipasi Dimana Bola Akan Mendarat, dan Semua Tentang Sikap, Teknik Dasar Rebound dalam Permainan Bola Basket, offensive rebound, defensive rebound, Tuliskan bentuk latihan untuk meningkatkan keterampilan, defensive rebound adalah, rebound terjadi ketika, offensive rebound adalah, teknik dasar bola basket, bagaimana cara melakukan rebound, gambar rebound bola basket, rebound bola basket
Posisi Tepat Untuk Rebound || Source: Pixabay

1. Membuat Posisi Tubuh Yang Tepat

Para pelatih di samping lapangan pasti akan selalu berteriak untuk meminta para pemainnya untuk melakukan rebound, dan kadang kala hal tersebut akan mulai membuat muak karena tidak peduli seberapa tinggi kalian melompat, lawan masih bisa merebut bola dari kalian. 

Nah, jika hal ini adalah masalah bagi kalian, maka kalian mungkin tidak menempatkan diri pada posisi rebound yang tepat dan ideal. 

Perlu di ingat rebound tidak dimulai saat bola baru saja memantul dan turun, tetapi rebound dimulai saat hampir jatuh ke tanah. Jadi, kalian harus mengetahui di mana menempatkan tubuh yang tepat untuk mendapatkan posisi yang sempurna adalah salah satu kunci untuk bisa meraih bola rebound.

Dimana posisi yang ideal untuk melakukan rebound yaitu menempatkan tubuh kalian di antara lawan dan bola. Perhatikan bahwa tidak semua rebound datang dari ring atau papan, jadi memposisikan tubuh kalian di antara lawan dan ring tidak selalu memungkinkan kalian bisa memenangkan rebound.

2. Mengantisipasi Dimana Bola Akan Mendarat

Menebak atau memperkirakan bola akan jatuh atau mendarat adalah hal yang penting dalam melakukan rebound. Tetapi ketika kalian tahu posisi yang tepat bola tersebut akan jatuh tapi percuma jika tidak tahu bagaimana cara untuk dapat mengantisipasi kemana bola akan pergi. 

Hal ini harus membutuhkan akal sehat. Contohnya, misal jika bola diambil di dalam perimeter, kemungkinan besar bola akan memantul dengan kuat, sedangkan untuk sebuah shot jarak pendek dapat menghasilkan hasil yang berlawanan. 

Dimana yang harus kalian lakukan adalah selalu memperhatikan bola dan saat pemain melakukan shooting. Memprediksi di mana bola akan mendarat dan segera memposisikan diri kalian dengan mempertimbangkan posisi ideal kalian untuk melakukan rebound. 

Perhatikan bahwa kalian tidak akan selalu dapat menebak posisi di mana bola akan mendarat dengan tepat tetapi mengetahui hal ini akan meningkatkan peluang kalian untuk menempatkan diri di posisi yang tepat untuk mendapatkan rebound dan kembali menguasai pertandingan.

3. Semua Tentang Sikap

Seperti yang dikatakan para pengamat dan banyak orang yang mengetahui tentang olahraga bola basket, bahwa rebound bukanlah semua tentang siapa yang melompat lebih tinggi atau siapa yang berdiri tegak akan bisa mendapatkan rebound, tetapi ini semua tentang siapa yang lebih menginginkan untuk bisa mendapatkan bola. 

Ini merupakan hal ketiga yang harus kalian pelajari. Hanya sebuah sikap yang diperlukan untuk bisa menjadi seorang rebounder yang baik dan handal. Kalian mungkin tahu bagaimana untuk bisa memposisikan sebelum rebound dan kalian mungkin tahu bagaimana untuk bisa mengantisipasi di mana bola akan mendarat, tetapi jika kalian tidak menginginkan untuk mendapatkan bola dan memenangkan rebound, maka kalian tidak akan mendapatkan bola rebound tersebut.

Maka sikap dan keinginan kuat untuk bisa mendapatkan bola rebound adalah salah satu kunci dan salah satu hal yang harus dimiliki dan dipelajari untuk menjadi rebounder yang handal.

Iya, itulah 3 pelajaran utama untuk bisa meningkatkan kemampuan rebound dalam bola basket yaitu untuk mempelajari bagaimana cara untuk bisa mengetahui posisi yang tepat, mengantisipasi kemana bola akan mendarat, dan menginginkan bola lebih banyak.

Hal di atas adalah 3 faktor utama untuk menjadi seorang rebounder yang baik. Pelajari hal tersebut semoga bermanfaat.

Baca Juga: