Widget HTML #1

Tips Dribbling Dalam Permainan Bola Basket

cara melakukan dribbling bola basket, melakukan shooting dalam permainan bola basket dapat dilakukan dengan cara, teknik dasar bola basket, dribbling adalah, dribbling bola basket adalah, sebutkan macam-macam dribble dalam permainan bola basket, menggiring bola pada permainan bola basket termasuk gerak, teknik dribbling bola basket, dribbling basketball, dribble basket, Tips Dribbling Dalam Permainan Bola Basket, cara dribble, cara dribbling, Kyrie Irving dribbling brooklyn nets, tips dribel, tips drible
Kyrie Irving dribbling

Tips dribbling. Apa Itu Menggiring Bola dalam Bola Basket? Dalam bola basket, menggiring bola atau biasa disebut dribbling adalah suatu keterampilan dasar yang harus dikuasai di mana seorang pemain menggunakan satu tangan untuk terus memantulkan bola di lapangan. 

Ketrampilan menggiring bola dalam permainan bola basket ini membantu pemain untuk mengontrol bola, memajukannya ke arah ring, dan menciptakan jarak antara pemain penyerang dan pemain bertahan dalam permainan.

Untuk bisa melakukan dribbling yang bagus dalam permainan bola basket dan bisa bermain basket pastinya pemain harus belajar bermain bola basket yang tak mudah dan membutuhkan banyak kerja keras. Salah satu hal paling dasar yang harus dipelajari seorang pemain yaitu dribbling atau menggiring bola. 

Menggiring bola adalah suatu tindakan memantulkan bola secara terus menerus dengan satu tangan dalam gerakan berulang yang berakhir ketika kontinuitasnya terganggu atau ketika pemain menyentuh bola dengan kedua tangan secara bersamaan. 

Dimana bola harus terus diarahkan ke lantai agar dribble tidak berakhir. Itu juga bisa berakhir ketika bola diizinkan untuk beristirahat di tangan pemain dan ketika bola diizinkan untuk dipindahkan secara paralel atau fraksional ke lapangan dengan menggunakan satu tangan.

Nah, untuk itu disini saya akan membahas tentang tips dribbling yang dalam permainan bola basket agar proses dribbling tersebut menjadi lebih mudah dan benar dalam belajar.

Yuk, langsung saja inilah tips dribbling yang benar dalam bola basket. Berikut ini langkah-langkah yang harus diamati untuk memastikan bahwa menggiring bola dilakukan dengan benar dalam bola basket.

Langkah-langkah Dribbling yang Benar dalam Bola Basket

cara melakukan dribbling bola basket, melakukan shooting dalam permainan bola basket dapat dilakukan dengan cara, teknik dasar bola basket, dribbling adalah, dribbling bola basket adalah, sebutkan macam-macam dribble dalam permainan bola basket, menggiring bola pada permainan bola basket termasuk gerak, teknik dribbling sepak bola, Langkah-langkah Dribbling yang Benar dalam Bola Basket, Penggunaan bantalan jari untuk dribbling, Kedua tangan harus bisa menggiring bola, Melindungi Bola dengan tangan lainnya, Buatlah Ruang Dengan Dribbling, Melakukan Quick stop, Hindari membuang-buang dribble, Selalu memiliki Tujuan dan Niat dalam Permainan, Keep it alive Saat dribble, Sikap yang tepat saat dribbling, Latihan membuat sempurna, Allen Iverson crossover
Allen Iverson crossover

1. Penggunaan bantalan jari untuk dribbling

Dribbling harus dilakukan pada bagian tangan yang tepat, biasanya bagian jari yang empuk digunakan oleh pemain untuk mengontrol bola basket. Menggunakan telapak tangan untuk menggiring bola harus dihindari. 

Rentangkan jari pada bola saat saat sedang menggiring bola. Jari-jari harus direntangkan untuk kontrol bola basket yang lebih baik. Jari telunjuk harus searah dengan arah tubuh pemain menghadap. Tangan selalu di atas. Saat menggiring bola, pemain harus memastikan bahwa tangan berada di atas bola basket untuk mencegah pemain melakukan pelanggaran, yaitu carrying the ball. 

Saat menghentikan bola tangan harus meninggalkan bola basket terlebih dahulu sebelum kaki melakukan pivot meninggalkan lantai. Jika kaki meninggalkan lantai sebelum bola basket meninggalkan tangan, dapat disebut pelanggaran, yaitu traveling.

2. Kedua tangan harus bisa menggiring bola

Agar memiliki kemampuan yang bagus dalam permainan bola basket, salah satunya kemampuan dribbling. Untuk meningkatkan kemampuan dribbling pemain basket harus bisa melakukan dribbling dengan kedua tangannya, misal apabila kalian seorang kidal maka pastinya akan dominan terus menggunakan tangan kiri, tetapi kalian juga harus melatih tangan satunya untuk meningkatkan kemampuan dribblingnya. Latihan diperlukan agar pemain dapat menggiring bola dengan tangan kanan atau kiri.

3. Melindungi Bola dengan tangan lainnya

Ketika menggiring bola pastinya pemain akan berusaha untuk bisa melindungi bola agar tidak di curi oleh pemain lawan, cara untuk melindungi bola saat dribbling yaitu pada saat menggiring bola dengan tangan aktif, tangan bebas yang satunya harus digunakan untuk menjaga agar pemain bertahan tidak menyentuh bola. Tubuh juga harus digunakan sebagai tameng dalam penjagaan bola ketika musuh berusaha untuk mencuri bola.

4. Buatlah Ruang Dengan Dribbling

Membuat ruang dan menjaga jarak dari musuh dengan menjauhkan pandang mata terbuka dan kepala, dimana cara ini dapat dilakukan pemain agar dapat melihat seluruh lapangan dan mengambil tindakan yang tepat sehingga pemain lebih efektif dengan dribblingnya dalam permainan.

5. Melakukan Quick stop

Quick stop atau berhenti cepat adalah salah satu teknik dalam bola basket. Ketika pemain ingin mengakhiri dribble, itu harus dilakukan dengan cepat untuk menghindari pelanggaran. Tetap saat menghentikan posisi harus rendah. Dimana badan pemain bersama bola harus dijaga agar tetap rendah sehingga pemain bertahan tidak akan mudah mencuri bola.

6. Hindari membuang-buang dribble

Untuk bermain basket yang efektif hindarilah untuk membuang-buang dribel. Hal ini dilakukan dengan menggiring bola satu atau dua kali dan kemudian mengakhiri dribel. Ini akan membawa pemain dalam situasi yang sulit dalam permainan.

7. Selalu memiliki Tujuan dan Niat dalam Permainan

Dalam permainan pemain harus tahu terlebih dahulu tindakan apa yang harus diambil selanjutnya setelah menggiring bola. Hindari menggiring bola pada saat double teams. Menggiring bola harus dihindari jika ada dua pemain bertahan yang mencoba mengambil bola secara bersamaan. 

Karena bola bisa dengan mudah menjadi milik mereka jika ini dilakukan. Hindari menggiring di sudut lapangan, karena menggiring bola di sudut lapangan akan menguntungkan pemain bertahan karena pemain yang menggiring bola bisa terjebak oleh pemain bertahan di sudut lapangan.

8. Keep it alive Saat dribble

Pada saat menggiring bola harus dilakukan dengan sepenuh hati sebelum pemain memutuskan untuk mengoper atau menembak. Teknik keep it alive dalam permainan ini akan mempersulit defender untuk mencuri bola tetapi kehati-hatian harus diperhatikan.

9. Sikap yang tepat saat dribbling

Pemain harus memiliki sikap yang tepat saat melakukan dribbling. Pemain berdiri tegak saat menggiring bola dengan tangan kanan, tangan kiri harus sejajar dan di depan tangan kanan dengan lutut sedikit ditekuk. 

Serahkan pada tangan dan pergelangan tangan saat menggiring. Tangan dan pergelangan tangan harus digunakan saat menggiring bola. Lengan harus berada di dekat tubuh bagian atas dan tetap dekat dengannya. Biarkan pinggang menjadi dasar tingginya. Bola harus digiring tidak lebih tinggi dari pinggang, di depan dan samping kaki yang ada di belakang. Belajar bagaimana menangani bola sangat penting dalam bermain bola basket.

10. Latihan membuat sempurna

Latihan adalah sesuatu yang sangat penting bagi seorang pemain basket, latian adalah makanan sehari-hari bagi seorang atlet untuk bisa meningkatkan skill dan menyempurnakannya salah satunya yaitu dribbing. Pemain harus melakukan latihan dribbling sendiri sehingga keterampilan menggiring bola yang dipelajari selama latihan dapat dimasukkan dalam permainan tim dan akan menjadi lebih baik.

Iya, itulah tips cara meningkatkan kemampuan dribbling dalam permainan bola basket. Salah satu yang terpenting adalah berlatih, karena dengan berlatih makan akan membuat sebuah kebiasaan dan membuat hal tersebut menjadi lebih baik dan sempurna untuk dilakukan.

Menggiring bola adalah salah satu cara yang dapat digunakan pemain untuk mengontrol permainan saat bola dalam penguasaan. Ini jelas merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam penanganan bola. 

Banyak latihan menggiring bola akan membuahkan hasil jika pemain menguasai bola dan terserah pemain ini untuk memastikan bahwa bola tetap berada di tangan tim sebelum pemain menembak, memasukkan bola dan mencetak gol. Pelajari dasar-dasar menggiring bola terlebih dahulu dan mulai permainan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: