Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Perbedaan Komik Manga, Manhwa, dan Manhua

manhua adalah, manhwa adalah, manga manhua manhwa terbaik, komik manhwa,perbedaan manhwa dan webtoon, manhua rekomendasi, perbedaan manhua dan donghua, contoh manhua, manga adalah, Apa Perbedaan Komik Manga, Manhwa, dan Manhua, Perbedaan Komik Manga, Manhwa, dan Manhua, Apa Komik Manga, Manhwa, dan Manhua, Apa Perbedaan Manga, Manhwa, dan Manhua,
Perbedaan manga, manhwa, dan manhua || Canva

Perbedaan manga, manhwa, dan manhua. Pada saat ini komik merupakan salah satu hiburan yang paling di minati dan banyak dicari, salah satu yang paling pouler saat ini adalah komik manga.

Berkat popularitas dari manga juga menyebabkan peningkatan minat terhadap komik lainnya seperti komik manhwa dan manhua yang saat ini tak kalah populer dengan manga itu sendiri. 

Kata manga, manhwa, dan manhua memang sekilas terdengar bahwa mereka adalah komik yang sama dan serupa dari berbagai aspek yang ada pada komik tersebut, yang mana hal tersebut mengakibatkan secara tidak sengaja yang tidak tau akan mengkategorikan komik ini sebagai komik yang sama dengan Manga yang berasal Jepang. 

Tapi hal itu tidak benar, karena nyatanya manga, manhwa, dan manhua berasal dari negara yang berbeda dan juga mempunyai beberapa perbedaan yang mencolok pada tiga komik tersebut yang membuat semuanya menjadi berbeda.

Selain asal negara, ada juga perbedaan besar lainnya antara manga, manhwa, dan manhua seperti, gaya menggambar, nama karakter, arah membaca, dan plot juga bisa membedakan dari mana karya seni ini berasal.

Yuk, langsung saja simak berikut ini adalah perbedaan manga, manhwa, dan manhua yang perlu diketahui.

Perbedaan Manga, Manhwa, dan Manhua

Perbedaan Manga, Manhwa, dan Manhua,  Komik Manga, Manhwa, dan Manhua, Perbedaan Manga, Manhwa, dan Manhua, Apa Perbedaan Komik Manga, Manhua, dan Manhwa, Manga, Manhwa, dan Manhua, pengertian manga, pengertian manhwa, pengertian manhua, cara baca manga, cara baca manhwa, cara baca manhua, manga berasal dari mana, manhwa berasal dari mana, manhua berasal dari mana
Manga, Manhwa, dan Manhua || Canva

1. Ciri Manga

Salah satu hal yang membedakan manga dengan manhwa dan manhua adalah asalnya, di mana manga adalah komik yang berasal dari negara Jepang. Sebagian besar gaya dari manga ini berkembang di Jepang pada akhir abad ke-19. Di Jepang istilah dari manga ini digunakan untuk merujuk pada komik dan kartun. Sedangkan untuk di luar Jepang, istilah manga umumnya digunakan untuk merujuk pada komik yang berasal dari Jepang. Untuk karya manga biasanya pada gambarnya tidak memiliki warna, hanya gambar berwarna hitam putih, kecuali dicetak dalam bentuk warna penuh atau halaman yang berwarna. Sedangkan plotnya sangat luas di mana kalian dapat menemukan banyak genre tema yang di angkat dalam cerita komik manga. Untuk cara bacanya manga yaitu dari kanan ke kiri.

Selain itu karakter yang ada di manga juga berbeda dengan komik manhwa dan manhua, biasanya karakter di manga memiliki bentuk yang khas seperti mulut yang kecil, mata besar, dan ekspresi wajah yang berlebihan untuk menekankan emosi tertentu pada karakter tersebut. Pada komik manga juga mempunyai pengaturan latar belakang yang lebih realistis dan lebih detail.

Manga juga biasanya menggunakan rangkaian onomatopoeia (kata yang menirukan bunyi dari sumber yang digambar) yang merupakan sesuatu yang unik dalam narasinya, hal tersebut tidak hanya menggambarkan suara binatang dan benda mati saja, tetapi juga menggambarkan suara keadaan psikologis dan emosi dari karakter yang ada di manga.

2. Ciri Manhwa

Hal yang mencolok yang membedakan antara manhwa dengan manga dan manhua adalah asalnya, dimana manhwa adalah komik yang berasal dari negara Korea. Kata manhwa umumnya adalah kata yang berasal dari Korea yang merujuk pada sebutan komik. Sedangkan di luar Korea istilah manhwa biasanya mengacu pada komik yang berasal dari Korea Selatan, meskipun industri dari komik manhwa juga berkembang di negara Korea Utara. Biasanya pada manhwa nama-nama dalam cerita menggunakan nama Korea, untuk gambarnya manhwa berwarna atau colerfull yang diwarnai dengan baik, dan plot dalam manhwa biasanya mengangkat cerita tentang romance, isekai, dan komedi. Sedangkan cara membacanya komik manhwa yaitu dari kiri ke kanan.

Selain itu karakter manhwa juga berbeda dengan manga, biasanya pada manhwa karakter digambar untuk lebih fokus pada proporsi dan penampilan karakter yang lebih realistis seperti manusia. manhwa juga sama dengan manga yang memiliki pengaturan latar belakang yang lebih realistis dan lebih detail. Komik manhwa juga sama dengan manga yang menggunakan rangkaian onomatopoeia yang digunakan untuk menggambarkan emosi dan gerakan dari para karakter.

3. Ciri Manhua

Salah satu hal yang membedakan antara komik manhua dengan manga dan manhwa yaitu asalnya. Manhua adalah komik yang berasal dari China. Selain itu komik manhua juga berkembang di wilayah Greater China. Meskipun komik manhua yang berasal dari Cina dan berbagai ilustrasinya telah ada di Cina dalam beberapa bentuk sepanjang sejarah kekaisaran, tetapi kata manhua pertama kali muncul pada tahun 1904 dalam komik yang berjudul Current Affairs Comics yang ada di surat kabar yang berbasis di Shanghai, Jingzhong Daily. Sama halnya dengan manhwa komik manhua ini biasanya, menggunakan nama-nama Cina, untuk gambarnya manhua berwarna atau colerfull dengan gambar lebih nyata di banding dengan manga. Biasanya manhua mengangkat tema tentang seni bela diri dan reinkarnasi yang diangkat dalam cerita. Sedangkan untuk cara membacanya manhua yaitu dari kiri ke kanan, namun untuk manhua Taiwan dan Hong Kong biasanya dibaca dari kanan ke kiri dan di sajikan secara vertikal dari atas ke bawah yang berbeda dengan manga, manhwa, dan manhua Cina yang di sajikan secara horizontal.

Selain itu, karakter pada manhua juga digambar seperti di manhwa, yang digambar untuk lebih fokus pada proporsi dan juga penampilan yang lebih realistis layaknya seperti manusia nyata. Komik manhua juga sama dengan Manga dan Manhwa yang menggunakan rangkaian onomatopoeia sendiri yang digunakan untuk menggambarkan emosi dan gerakan dari para karakter.

Perbedaan lainnya dari komik tesebut salah satunya yaitu pada manga Jepang bisanya diterbitkan di majalah mingguan atau dua mingguan seperti yang ada di Shonen Jump, dan kemudian apabila sebuah manga menjadi populer maka manga tersebut kemudian diterbitkan dalam volume yang dikumpulkan tankĊbon. Adapun manhwa dan manhua bisanya ada dalam bentuk digital, bab diunggah setiap minggu di platform webtoon atau berbagai web yang menyediakan komik-komik manhwa dan manhua.

Tapi sebenarnya perbedaan yang sangat jelas pada ketiga komik tersebut adalah pada budaya, karena budaya yang ada pada ketiga komik tersebut memiliki banyak perbedaan berdasarkan budaya itu sendiri.

Iya, itulah perbedaan dari manga, manhwa, dan manhua. Ketiga komik tersebut memiliki perbedaan yang mencolok dari segi budaya, asal, karya, cara membaca, dan beberapa perbedaan lainnya pada komik populer tersebut saat ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga: