Widget HTML #1

Mengenal Tentang Coin Bitcoin

gambar untuk logo bitcoin, logo bitcoin, logo bitcoin hd, bitcoin logo, bitcoin logo hd, logo shiba inu, logo bitcoin hd, logo bitcoin vector, bitcoin logo wallpaper, logo ethereum, logo bnb, font bitcoin, logo bitcoin png, logo bitcoin vector, logo bitcoin wallet, logo bitcoin vault, logo bitcoins, logo bitcoin twitter, logo bitcoin cash, logo bitcoin svg, bitcoin logo design, 1 bitcoin dollar, 1 crypto berapa rupiah, apa itu bitcoins, Mengenal Tentang Coin Bitcoin, Tentang Coin Bitcoin
Bitcoin Logo HD || Source: Pixabay

Tentang Bitcoin. Cryptocurrency adalah suatu mata uang digital atau virtual yang dijamin dengan kriptografi, yang membuat cryptocurrency hampir tidak mungkin untuk dipalsukan atau dibelanjakan secara ganda. Dalam beberapa tahun ini cryptocurrency banyak menjadi perbincangan dan menjadi tranding topik di seluruh dunia. Hal ini pun membuat dampak yang besar pada perkembangan dunia cryptocurrency. Salah satu cryptocurrency yang palih besar dan paling terkenal di dunia yaitu Bitcoin (BTC), yang merupakan cryptocurrency pertama dan termahal pada saat ini.

Harga 1 Bitcoin hari ini pada saat membuat artikel ini adalah $ 41941 atau Rp 601,537,782 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 220.721.679.562,164. Selama 24 jam Bitcoin turun 1,55%. Berdasarkan ranking yang di ambil di CoinMarketCap Biitcoin adalah coin yang mendudukin rangking 1, dengan kapitalisasi pasar langsung sejumlah Rp 11.354.440.825.376.768 yang mempunyai suplai yang telah beredar 18.957.381 coin BTC dan maksimal suplai sebesar 21.000.000 coin BTC.

Lalu apakah Bitcoin itu sebenarnya, siapakah pendiri bitcoin itu, dan bagaimana cara agar bisa mempunyai bitcoin, untuk mengetahui hal-hal tersebut, berikut ini adalah pembahasan tentang apa itu Bitcoin, siapa pendiri bitcoin, dan berbagaihal yang berkaitan tentang Bitcoin.

Baca juga berkaitan dengan Cryptocurrency:

Apa Itu Bitcoin (BTC)?, Siapa Pendiri Bitcoin?, Apa hal yang Membuat Bitcoin Unik?, Berapakah Banyak Bitcoin yang Akan di Suplai?, Bagaimana Jaringan Bitcoin Diamankan?, Apa Peranan Bitcoin sebagai Penyimpan Nilai?, Apakah itu Lightning Network?, Berapakah Harga Bitcoin?, Apa Bitcoin Politik?, Di Mana Tempat Beli Bitcoin (BTC)?, apa itu miner, aplikasi dogecoin, bit coin, bitcoin cloud mining, bitcoin hari ini, bitcoin mining, bitcoin mining web, bitcoin price indonesia, bitcoiner indonesia, bitcoins wallet, btc idr indodax, btc ke rupiah, btc to idr, cara menambang bitcoin di android, cara mendapatkan bitcoin otomatis, Bitcoin ke rupiah, bitcoin login, bitcoin indodax, daftar bitcoin, bitcoin indonesia, cara mendapatkan bitcoin, mining bitcoin, harga bitcoin

Apa Itu Bitcoin (BTC)?

Bitcoin adalah suatu cryptocurrency terdesentralisasi yang awalannya diterangkan dalam suatu whitepaper 2008 oleh seseorang atau suatu kelompok orang yang memakai nama sebagai Satoshi Nakamoto. Bitcoin ini kemudian diluncurkan segera pada Januari 2009.

Bitcoin adalah suatu mata uang online peer-to-peer yang memiliki arti jika semua transaksi terjadi langsung di antara pengguna jaringan mandiri yang setara, tanpa butuh mediator untuk memberikan fasilitas tersebut. Bitcoin sendiri dibuat menurut kata-kata dari Nakamoto sendiri, untuk bisa memungkinkan "pembayaran online dikirimkan langsung dari 1 pihak ke pihak lain tanpa lewat instansi keuangan."

Beberapa rancangan untuk tipe mata uang elektronik terdesentralisasi yang sama mendahului BTC, tapi Bitcoin mempunyai ketidaksamaan sebagai cryptocurrency pertama kali yang mulai dipakai secara aktual.

Siapa Pendiri Bitcoin?

Penemu asli Bitcoin dikenali dengan nama samaran yaitu Satoshi Nakamoto. Sampai saat ini identitas sebetulnya dari orang itu  atau organisasi yang ada di belakang masih belum juga diketahui.

Awalnya pada 31 Oktober 2008, Nakamoto mengeluarkan whitepaper Bitcoin, yang menerangkan dengan detail bagaimana mata uang online peer-to-peer bisa diterapkan. Mereka menyarankan untuk memakai buku besar transaksi terdesentralisasi yang dibungkus dalam batch yang disebut sebagai "blok" dan diamankan oleh algoritma kriptografi yang semua mekanisme tersebut disebut dengan nama "blockchain."

Kemudian hanya selang waktu 2 bulan, pada 3 Januari 2009, Nakamoto pun menambang blok pertama di jaringan Bitcoin, yang dikenali sebagai blok genesis, sehingga ia pun meluncurkan cryptocurrency pertama di dunia. Harga Bitcoin pada awal pertama kalinya dikenalkan sebesar $0 , dan mayoritas Bitcoin didapat lewat cara penambangan, yang cuman memerlukan perangkat yang lumayan kuat seperti PC dan perangkat lunak penambangan. 

Transaksi komersil Bitcoin untuk pertama kali yang dijumpai terjadi pada 22 Mei 2010, pada saat programmer Laszlo Hanyecz mengganti 10.000 Bitcoin untuk dua pizza. Dengan harga Bitcoin saat ini, maka pizza itu akan berharga sangat-sangat besar dan mengagetkan. Acara ini saat ini dikenali sebagai "Hari Pizza Bitcoin." Pada Juli 2010, Bitcoin pertama kalinya mengawali perdagangan, pada harga Bitcoin sekitar di antara $0,0008 sampai $0,08 pada waktu itu.

Namun, sementara Nakamoto yang merupakan penemu asli Bitcoin dan juga penulis implementasi pertama, tetapi dia memberikan kunci peringatan jaringan dan kontrol repositori code ke Gavin Andresen, yang selanjutnya menjadi pengembang khusus di Bitcoin Foundation. Pada saat ini sebagian besar orang juga sudah berperan untuk meningkatkan perangkat lunak cryptocurrency dengan membenai kerentanan dan menambah fitur baru pada hal tersebut.

Apa hal yang Membuat Bitcoin Unik?

Hal yang membuat Bitcoin menjadi unik yaitu berawal dari fakta bahwa Bitcoin adalah cryptocurrency  pertama yang ada di pasar.

Hal ini sudah sukses membuat komunitas global dan melahirkan industri yang sama sekali baru dari juta-an fans yang membuat, melakukan investasi, memperdagangkan, dan memakai Bitcoin dan mata uang kripto yang lain di kehidupan keseharian mereka. Timbulnya cryptocurrency pertama sudah membuat dasar konseptual dan teknologi yang selanjutnya membuat peningkatan beberapa ribu project yang saling bersaing.

Karena karakter pelopornya, BTC masih tetap ada di pucuk pasar yang dinamis ini sesudah lebih satu dasawarsa berdiri. Bahkan juga sesudah Bitcoin kehilangan dominasinya yang tidak terpungkiri, Bitcoin masih tetap jadi mata uang kripto paling besar, dengan kapitalisasi pasar yang melebihi angka $1 triliun di tahun 2021, sesudah harga Bitcoin mencapai titik paling tinggi sepanjang masa yang menyentuh harga US$ 66,900 atau Rp 945 juta pada tahun lalu.

Berapakah Banyak Bitcoin yang Akan di Suplai?

Keseluruhan suplai Bitcoin terbatasi oleh perangkat lunaknya dan tidak akan pernah melewati 21.000.000 coin. Coin baru dibikin sepanjang proses yang dikenali sebagai "penambangan" atau "mining": saat transaksi dilanjutkan ke semua jaringan, mereka diambil oleh penambang dan dibungkus ke block, yang pada gilirannya diproteksi oleh penghitungan kriptografi yang kompleks.

Sebagai ganti rugi untuk menghabiskan sumber daya komputasi mereka, beberapa penambang menerima hadiah untuk tiap block yang sukses mereka tambah ke blockchain. Di saat penyeluncuran Bitcoin, hadiahnya ialah 50 bitcoin per block: jumlah ini menyusut separuhnya dengan tiap 210.000 block baru ditambang, yang memerlukan waktu sekitaran 4 tahun untuk jaringan. Di tahun 2020, hadiah block sudah dipisah 3x dan terbagi dalam 6,25 bitcoin.

Bitcoin belum dipremi, maknanya tidak ada coin yang ditambang dan/atau dialokasikan antara beberapa pendiri saat sebelum ada untuk umum. Tetapi, sepanjang beberapa tahun awal kehadiran BTC, kompetisi antara penambang relatif rendah, memungkinkannya peserta jaringan paling dahulu untuk mengumpulkan sebagian besar coin lewat penambangan reguler: Satoshi Nakamoto sendiri dipercaya mempunyai lebih satu juta Bitcoin.

Bagaimana Jaringan Bitcoin Diamankan?

Bitcoin diatasi dengan algoritma SHA-256, yang terhitung dalam keluarga algoritma hashing SHA-2, yang dipakai oleh fork Bitcoin Cash (BCH), dan beberapa cryptocurrency yang lain.

Apa Peranan Bitcoin sebagai Penyimpan Nilai?

Bitcoin ialah mata uang digital peer-to-peer pertama kali yang terdesentralisasi. Salah satunya perannya yang terpenting ialah dipakai sebagai penyimpan nilai yang terdesentralisasi. Dalam kata lain, ini memberi hak pemilikan sebagai asset fisik atau sebagai unit account. Tetapi, peranan penyimpan nilai yang paling akhir sudah dipermasalahkan. Banyak fans kripto dan ekonom yakin jika adopsi mata uang paling atas dalam rasio tinggi akan bawa kita ke dunia keuangan kekinian baru di mana jumlah transaksi akan didenominasi dalam unit yang lebih kecil.

Kripto paling atas dipandang seperti penyimpan nilai, mirip emas, untuk beberapa orang, dibanding mata uang. Ide mengenai cryptocurrency pertama ini sebagai penyimpan nilai, bukannya sistem pembayaran, memiliki arti jika beberapa orang beli crypto dan menyimpan dalam periode panjang (atau HODL) dibanding membelanjakannya untuk beberapa barang sama seperti yang umumnya Anda habiskan satu dolar, perlakukannya sebagai emas digital.

Apa itu Lightning Network?

Lightning Network ialah prosedur pembayaran off-chain, berlapis yang menjalankan aliran pembayaran dua arah yang memungkinkannya transfer instant dengan rekonsiliasi instant. Ini memungkinkannya transaksi individu, volume tinggi, dan tanpa kepercayaan di antara dua pihak mana saja. Lightning Network menskalakan kemampuan transaksi tanpa memunculkan ongkos yang berkaitan dengan transaksi dan interferensi pada blockchain yang mendasarinya.

Berapakah Harga Bitcoin?

Valuasi Bitcoin saat ini selalu bergerak, selama seharian tiap hari. Ini ialah asset yang betul-betul global. Dari sejak awalnya di bawah satu sen per coin, harga BTC sudah bertambah beberapa ribu % ke angka yang Anda saksikan di atas. Harga semua cryptocurrency cukup naik-turun, maknanya pengetahuan siapa saja mengenai seberapa banyak Bitcoin akan berbeda dari menit ke menit. Tetapi, ada saatnya negara dan bursa yang lain memperlihatkan harga yang lain dan pengetahuan seberapa banyak Bitcoin bisa menjadi peranan dari lokasi seorang.

Apa Bitcoin Politik?

Bitcoin jadi lebih diplomatis dari waktu ke waktu, khususnya sesudah El Salvador mulai menerimanya sebagai alat pembayaran yang syah. Presiden negara tersebut, Nayib Bukele, umumkan dan melakukan keputusan itu nyaris secara sepihak, menampik kritikan dari masyarakatnya, Bank of England, IMF, Vitalik Buterin dan banyak yang lain. Semenjak undang-undang Bitcoin ditetapkan pada September 2021, Bukele sudah umumkan gagasan untuk membuat Kota Bitcoin, sebuah kota yang seutuhnya didasari pada penambangan Bitcoin dengan energi panas bumi dari gunung berapi.

Beberapa negara seperti Meksiko, Rusia, dan yang lain diberitakan bisa menjadi calon untuk terima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, tapi selama ini, El Salvador berdiri dengan sendiri.

Di Mana Tempat Beli Bitcoin (BTC)?

Bitcoin, dalam beberapa hal, nyaris sama dengan cryptocurrency, yang memiliki arti Anda bisa beli Bitcoin hampir di tiap pertukaran crypto, baik untuk uang fiat atau cryptocurrency yang lain. Beberapa pasar khusus tempat perdagangan BTC yaitu seperti Binance, Kucoin, Indodax, Tokocrypto, Coinbase Pro, OKEx, Kraken, Huobi Global, , Bitfinex, dan berbagai exchange lainnya.

Iya, itulah pembahasan tentang apa itu Bitcoin, siapa pendiri bitcoin, apa yang membuat Bitcoin unik, dan berbagai hal yang berkaitan dengan Bitcoin. Bitcoin yang merupakan cryptocurrency pertama yang ada dipasar dan merupakan cryptocurrency dengan harga tertinggi pada saat ini yang membuat Bitcoin ini sangat special. Semoga bermanfaat.

Source: coinmarketcap

Baca juga berkaitan dengan Cryptocurrency: