Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kebutuhan Psikologis Membantu Mengatasi Konflik

4 Kebutuhan Psikologis Membantu Mengatasi Konflik, mengatasi stres, rileks, santai, jangan stres, kebutuhan psikologis, konflik, nilai, kontrol, harga diri, konsistensi
Konflik internal, konflik dalam diri Anda, mencerminkan perbedaan antara apa yang sebenarnya Anda rasakan dan apa yang dapat Anda lakukan atau pilih untuk mengatasinya. Konflik antarpribadi terjadi antara Anda dan orang lain ketika apa yang mereka lakukan atau katakan berbeda dengan apa yang Anda rasakan dan sebaliknya.

Psikologis adalah sebuah kondisi yang berkaitan dengan pikiran atau fakta mental sebagai sesuatu pelajaran psikologi. Dimana psikologis memiliki kaitan dengan segala sesuatu yang menguasai pikiran, terutama sebagai fungsi dari perasaan, kesadaran, atau motivasi. 

Gangguan psikologis merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan perasaan, pikiran, dan perilaku yang aneh. Gangguang psikologis ini dapat terjadi kepada siapapun dnegan banyak faktor yang mempengaruhinya.

Setiap orang memiliki empat kebutuhan psikologis dasar, yaitu adalah kebutuhan untuk dihargai, untuk memegang kendali, kebutuhan akan harga diri atau nilai diri Anda, dan terakhir kebutuhan untuk konsistensi atau stabilitas.

Membantu Mengatasi Konflik

perempuan stres dan murung, murung, perempuan, mengatasi stres, rileks, Kebutuhan untuk konsisten, Kebutuhan harga diri dan nilai diri, Kebutuhan untuk mengontrol, Kebutuhan untuk dihargai atau dihargai oleh orang lain merupakan kebutuhan psikologis dasar

1. Kebutuhan untuk dihargai atau dihargai oleh orang lain merupakan kebutuhan psikologis dasar

Anda ingin orang lain mengenali nilai Anda dan menghargai kontribusi Anda. Anda lebih termotivasi ketika kontribusi Anda diakui. Ketika Anda merasa tidak dihargai, dimanfaatkan, atau diremehkan, kebutuhan Anda untuk diapresiasi dan dihargai telah diserang dan ini dapat memicu respons ketakutan, kemarahan, atau keduanya pada diri Anda.  

2. Kebutuhan untuk mengontrol

Berada dalam kendali penting bagi semua orang, tetapi lebih bagi sebagian orang daripada yang lain. Semakin Anda merasa tidak aman tentang diri sendiri, Anda akan semakin bisa mengendalikan diri. Di sisi lain, jika Anda merasa aman dan percaya diri tentang diri sendiri, maka kebutuhan Anda untuk mengontrol orang lain akan berkurang.

Kapanpun Anda harus berurusan dengan orang yang terlalu mengontrol, ingat kebutuhan mereka untuk mengontrol berasal dari rasa tidak aman mereka. Buat mereka merasa aman dan kebutuhan mereka untuk mengontrol biasanya akan berkurang.

3. Kebutuhan harga diri dan nilai diri

Maksud saya, Anda harus menghargai diri sendiri dan melihat kekuatan Anda daripada kelemahan apa pun (kita semua memiliki keduanya). Harga diri yang kuat memberi Anda dasar yang kuat dan kokoh untuk menghadapi semua jenis masalah dan situasi.

Dengan harga diri yang kuat, Anda memiliki kemampuan untuk merespons atau bereaksi secara positif terhadap segala jenis situasi, daripada bereaksi negatif dengan panik menghindari potensi konflik.

Baca Juga : Raihlah Mimpi Setinggi Langit  

4. Kebutuhan untuk konsisten

Anda perlu tahu apa yang mungkin terjadi dalam situasi tertentu. Anda membutuhkan konsistensi dari keluarga, pasangan, teman, semua orang dalam hidup Anda, jika tidak, Anda selalu cemas tentang hal yang tidak terduga.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa tidak ada yang bisa berubah pikiran tetapi seseorang yang mengubah pendapat atau bereaksi berbeda terhadap situasi yang sama membawa tingkat ketidak amanan dalam hidup Anda dan Anda tidak pernah tahu bagaimana harus bereaksi.

Alasan beberapa orang merasa perlu untuk berubah berasal dari rasa tidak aman mereka. Mereka merasa tidak aman dalam diri mereka sendiri sehingga mereka mencoba menyesuaikan diri dengan orang lain sepanjang waktu dan akan setuju dengan siapa pun yang mereka rasa adalah kepribadian yang paling dominan.

Kapan pun dari kebutuhan ini tidak terpenuhi konflik, internal, eksternal atau keduanya, diproduksi dan orang biasanya bereaksi dengan salah satu dari empat cara.

Mereka dapat membalas, mendominasi, mengisolasi, atau bekerja sama.

Pembalasan dan dominasi dapat mengakibatkan kekerasan yang ekstrim. Isolasi memisahkan para pihak tetapi tidak menyelesaikan konflik sedangkan dengan kerja sama satu pihak membiarkan perasaan mereka diabaikan dan menerima pendapat pihak lain atas perasaan mereka sendiri.

Jika Anda menyadari kebutuhan dan reaksi dasar ini, Anda akan mulai memahami bagaimana dan mengapa Anda dan orang lain bereaksi seperti Anda. Mempertimbangkan kebutuhan ini, memahaminya dan menindaklanjutinya akan membuat Anda menjadi lebih lengkap dan karenanya menjadi orang yang lebih percaya diri dan akan memberi Anda kekuatan pada saat konflik.

Baca Juga: 
Kuncoro
Kuncoro Halo saya Dery Yudha Kuncoro terima kasih

Posting Komentar untuk "4 Kebutuhan Psikologis Membantu Mengatasi Konflik"