Widget HTML #1

Mengnal Tentang Seni Bela Diri Tai Chi

Mengnal Tentang Seni Bela Diri Tai Chi, Tai chi artinya apa?, Bagaimana gerakan Taichi?, Siapa yang menciptakan Tai Chi?, gerakan taichi, sejarah taichi, gerakan taichi untuk kesehatan, gambar gerakan taichi, teknik pernafasan taichi, belajar taichi, buku taichi, taichi, taichi adalah, taichi master, taichi fukuyama, taichi haikyuu, taichi saito, taichi digimon,Tentang Seni Bela Diri Tai Chi, Seni Bela Diri Tai Chi, The Art Of Tai Chi
The Art Of Tai Chi || Source: Pixabay

Seni Tai Chi. Tai Chi adalah sebuah seni bela diri kuno, yang dipraktekkan selama berabad-abad di Cina sebagai latihan, seni bela diri, dan cara untuk meningkatkan aliran energi internal dalam tubuh.

Taijiquan , yang umum dikenali sebagai Taichi, ialah satu bentuk seni bela diri dan senam kesehatan aliran halus yang berasal dari Tiongkok. Taichi terdiri jadi beragam style yang pada intinya berasal dari satu akar dan ide dasar yang hampir serupa, tetapi wujud pergerakannya berbeda.

Adapun gaya-gaya Taichi yang populer ialah seperti gaya Chen, gaya Yang, gaya Sun, dan gaya Wu. Antara gaya-gaya populer itu, gaya Yang lah yang paling populer. Gaya Yang sudah jadi standard edukasi Taichi di penjuru dunia, melalui sebuah serangkaian gerak yang disebutkan "Beijing 24 steps" (Senam Gaya Taichi 24 langkah) yang sudah distandardisasi oleh pemerintah Tiongkok sebagai wujud baku untuk mengajarkan Taichi.

Seni bela diri Tai Chi ini menekankan bentuk dan perasaan yang benar dengan setiap gerakan, itulah sebabnya ia selalu diajarkan untuk dipraktikkan dengan cara yang lambat dan lembut.

Dengan melibatkan seluruh tubuh dengan sedikit atau tanpa dampak, Tai Chi meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan stamina. Dengan seluruh tubuh diajarkan untuk bergerak secara keseluruhan. 

Tai Chi mengembangkan hubungan antara pikiran dan tubuh, membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan seseorang. Ini juga dapat membantu persendian, terutama jika seseorang sangat kaku pada persendian.

Meskipun dikembangkan menjadi seni bela diri, itu melibatkan sangat sedikit teknik istimewa, menyerang, atau bahkan bertahan. Tai Chi adalah seni gerakan dan pernapasan yang melatih semua otot dan persendian utama di tubuh yang dapat membantu mengedarkan energi internal, atau chi. Orang Cina percaya bahwa energi internal, atau chi adalah apa yang mencegah atau menghentikan penyakit.

Saat berlatih seni, tubuh akan tetap sangat lembut dan rileks, seperti digantung dari atas kepala dengan persendian yang mirip dengan wayang. Pikiran siswa terfokus pada setiap gerakan, fokus pada aliran energi. Dengan menjadi santai dan fokus, Anda membiarkan energi mengalir ke seluruh tubuh Anda.

Meskipun Anda lembut dan santai, Anda masih terus bergerak. Energi yang mengalir melalui tubuh Anda tidak pernah berhenti, itu membuat Anda terus bergerak. Ketika Anda bergerak dalam kenyataan, dibutuhkan sedikit atau tidak ada energi untuk membuat gerakan. Dengan menggunakan chi Anda, semua yang Anda lakukan seolah-olah tidak berbobot.

Dalam pertempuran, siswa Tai Chi menggunakan energi lawannya untuk melawannya. Penata rambut sangat santai, percaya bahwa energi lawan dapat digunakan untuk melawannya. Ada sedikit atau tidak ada kekuatan yang terlibat. 

Ketika lawan menjadi lemah dan melelahkan dirinya sendiri dalam bentuk stylist menyerang. Dengan cara ini, hanya ada sedikit energi yang tersisa untuk bertahan atau bahkan menyerang.

Tai Chi adalah salah satu gaya seni bela diri tertua, dan salah satu yang paling sulit ditemukan saat ini. Sama seperti seni bela diri lainnya, seperti Tiger Claw dan Ninjutsu, akan sangat sulit menemukan dojo yang mengajarkan seni tersebut. 

Jika Anda dapat menemukan dojo yang mengajarkan seni Tai Chi, Anda tidak boleh melewatkannya. Ini dapat mengajari Anda banyak hal tentang energi internal dan kesejahteraan spiritual Anda, belajar lebih banyak tentang diri Anda daripada yang pernah Anda pikirkan dalam prosesnya.

Iya, itulah sedikit mengenal tentang seni Tai Chi yang merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Tiongkok dengan beragam gaya yang sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Semoga bermanfaat.

Baca juga: