Widget HTML #1

Mengenal Tentang Apa itu Kriptografi?

What is Cryptography?, Cryptography?, cryptology, cryptography online, cryptography pdf, materi cryptography, cryptography algorithm, belajar cryptography, cryptography translator, cryptography python, cryptography type, What is cryptography with example?, What are three types of cryptography?, What are the 2 types of cryptography?, Is cryptography cyber security?, Apa itu Kriptografi?, kripto, kriptografi, cryptocurrency. crypto, bitcoin
What is Cryptography? || Source: Pixabay

Apa itu Kriptografi?. Kini, di zaman yang serba digital, semua hal menjadi lebih mudah dan simpel di segala aspek kehidupan dengan menggunakan teknologi. Saat ini, hampir segala hal bisa di lakukan secara online hanya dengan menggunakan smartphone yang telah merubah kehidupan ini.

Selain itu, kemajuan teknologi komputer juga telah berkembang sangat pesat, yang membuat kita bisa mengakses berbagai data lebih mudah. Meskipun hal tersebut terlihat memberikan keuntungan yang besar, tetapi semua itu juga mempunyai kelemahan, yang mana data online sangatlah riskan terkena berbagai ancaman, salah satunya yaitu pencurian data yang bisa dilakukan dengan mudah secara online

Tetapi, pastinya di zaman teknologi yang telah berkembang sangat pesat dan terus bertumbuh ini ada berbagai inovasi baru untuk mengembangkan berbagai kekurangan yang ada, salah satunya yaitu cara untuk melindungi data dari berbagai ancama pencurian data, salah satu inovasi trobosannya yaitu menggunakan kriptografi, yang merupakan salah satu solusi yang memungkinkan untuk bisa melindungi berbagai informasi dari berbagai ancaman yang terkait dengan penyimpanan dan juga distribusi data.

Lalu, apa itu Kriptografi?. Cryptography atau Kriptografi adalah studi ilmu tentang menyembunyikan informasi atau data guna sebagai pengaman untuk mencegah pihak ketiga membaca informasi pribadi. Lebih spesifik lagi, bahwa kriptografi modern menggunakan teori dan juga komputasi matematika untuk bisa mengenkripsi dan juga mendekripsi data untuk bisa menjamin integritas dan juga keaslian dari informasi.

Konsep inti dari kriptografi yang terkait dengan keamanan informasi mengenai kerahasiaan data, integritas data, dan juga otentikasi juga merupakan pusat dari kriptografi. Dalam pengaplikasiannya praktis kriptografi juga di gunakan dalam perdagangan elektronik, kartu pembayaran yang berbasis chip,digital currency, cryptocurrency, sandi komputer, dan juga dalam komunikasi militer.

Pada zaman sebelum memasuki era digital seperti sekarang kriptografi secara efektif identik dengan enkripsi, yaitu suatu cara mengubah informasi yang bisa dibaca (plaintext) menjadi sebuah teks yang tidak bisa dipahami (ciphertext), yang hanya bisa dibaca dengan membalikkan proses (dekripsi). Dengan melakukan pengirim pesan seperti itu, maka seseorang bisa menjamin informasi yang dikirim hanya bisa dibaca oleh orang yang mempunyai kunci dekripsi tertentu tersebut.

Dari literatur kriptografi bahwa dalam dunia kriptografi sering menggunakan nama "Alice" atau "A" untuk pengirim, "Bob" atau "B" untuk penerima yang dituju, dan "Eve" atau "E" untuk musuh yang menguping. Sejak perkembangan mesin cipher rotor pada situasi World War I dan juga munculnya komputer pada World War II, membuat berbagai metode dalam kriptografi menjadi semakin kompleks dan pengaplikasiannya mejadi semakin bervariasi.

Pertumbuhan teknologi kriptografi telah menjadi salah satu hal terpenting dalam pertumbuhan teknologi, salah satunya yaitu dalam dunia cryptocurrency. Kriptografi digunakan dalam cryptocurrency untuk memungkinkan agar transaksi menjadi anonim, aman, dan "trustless" yang berarti bahwa kedua pihak tidak perlu tahu apa-apa tentang seseorang untuk melakukan transaksi dengan aman  dan tanpa perlu perantara dari pihak ketiga. 

Seperti contohnya yaitu protokol Bitcoin yang memakai bukti kriptografi untuk mengamankan jaringan dan juga memastikan validitas setiap transaksi yang ada. Tanda tangan digital menjamin bahwa setiap pengguna hanya bisa membelanjakan dana dari dompetnya sendiri dan bahwa dana tersebut tidak bisa dibelanjakan lebih dari satu kali.

Kriptografi telah menjadi bagian penting dari teknologi blockchain dan, oleh sebab itu mengapa kriptogradi sangat penting untuk Bitcoin dan cryptocurrency apa pun itu. Bukti dari kriptografi yang telah diterapkan pada jaringan terdistribusi memungkinkan terciptanya sistem ekonomi trustless, yang melahirkan Bitcoin dan juga mata uang digital terdesentralisasi lainnya. Semoga bermanfaat.

Source: Wikipedia and Binance Academy

Baca Juga: