Widget HTML #1

7 Hal Yang Dapat Meningkatkan Permainan Bola Basket

sport, basketball, basketball plays, history of basketball, basketball court dimensions, basketball tips, rules of basketball, basketball positions, how to play basketball, basketball moves, basketball layouts, basketball offense, basketball tricks, basketball dribbling, basketball defense, high school basketball rules, basketball conditioning, ncaa basketball rules, basketball fundamentals, basketball passing, basketball playbook, basketball drill, basketball kids, basketball shooting tips, college basketball rules, the rules of basketball, basketball basics, basketball skill, Cara untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Bola Basket
LeBron James di L.A. Lakers

Cara meningkatkan permainan basket. Pastinya banyak orang yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang atlet profesional. Salah satu olahraga yang populer yaitu bola basket.

Pastinya banyak orang yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang atlet pemain bola basket profesional dalam karir di masa depan, karena setiap orang pasti memiliki tujuan dan pilihannya masing-masing.

Namun, untuk bisa menjadi seorang atlet profesional tidaklah mudah dan tidak mungkin terjadi secara instan begitu saja dan hanya mengandalkan sebuah bakat. Kalian juga harus meningkatkan kemampuan dalam permainan untuk bisa menjadi seorang pemain atau atlet basket yang hebat.

Untuk menjadi pemain bola basket yang hebat atau lebih baik tidak mungkin terjadi dalam semalam. Pastinya semua itu memerlukan kerja keras, keseriusan, disiplin, dedikasi, dan kecintaan pada permainan untuk menjadi pemain yang hebat seperti yang Anda inginkan. 

Karena semua hal yang luar bisa pastinya membutuhkan suatu pengorbanan dalam hidup ini untuk bisa mencapai hal besar yang di inginkan dalam hidup ini.

Nah, untuk itu disini saya akan membahas tentang 7 hal yang memliki pengaruh dan bisa meningkatkan permainan bola basket untuk menjadi seorang pemain yang lebih baik di masa depan.

Yuk, langsung saja berikut ini adalah 7 hal yang perlu di tingkatkan untuk bisa menambah skill dan kemampuan dalam bermain bola basket:

Cara Meningkatkan Kemampuan Bermain Bola Basket

1. Meningkatkan Kecepatan dan kelincahan

Latihan kecepatan dan kelincahan, Speed and agility, latihan meningkatkan kecepatan basket, latihan meningkatkan kelincahan dalam bola basket, latihan meningkatkan kecepatan dan kelincahan
Latihan kecepatan dan kelincahan

Kecepatan dan kelincahan adalah salah satu komponen yang penting dalam permainan bola basket. Ada berbagai cara latihan yang dapat kalian lakukan untuk bisa meningkatkan kecepatan dan kelincahan yang berperan penting dalam permainan. 

Salah satu yang paling efektif adalah dengan melakukan suicide. Dimana suicide dilakukan mulai dari garis dasar dan sprint menuju garis lemparan bebas, sentuh lantai dan kembali. Lari dan sentuh garis tengah lapangan dan back. Lari dan sentuh garis lemparan bebas terjauh dan mundur. Sprint dan sentuh garis dasar yang berlawanan dan kembali. Lakukan ini beberapa kali dan pasti akan meningkatkan kecepatan kalian. Kalian juga dapat menggunakan teknik pelatihan sprint lainnya yang bisa meningkatkan Speed and agility kalian.

2. Meningkatkan lompat

Meningkatkan lompat, berlatih menigkatkan Meningkatkan lompat, latihan otot kaki, latihan kaki, latihan loncat, latihan menlompat, latihan meninggikan lompatan, meningkatkan loncatan, jumping
Latihan lompatan

Permainan bola basket pasti akan selalu berkaitan dengan lompat dan loncatan. Hal tersebut adalah suatu hal pasti akan selalu di gunakan dalam permainan bola basket. Oleh karena itu lompatan dan loncatan sangatlah penting untuk bisa membantu meningkatkan kemampuan kalian dalam bermain bola basket.

Meningkatkan loncatan salah satunya yaitu dengan melatih kekuatan dan kekuatan kaki kalian yang akan meningkatkan lompatan vertikal. Kalian bisa melakukan latian untuk melatih kekuatan kaki atau footwork yang mudah dengan melakukan squat, step up, lompat kaki, lunge, dan berbagai latihan lainnya. Latihan melompat dan melompat juga efektif sangatlah efektif.

3. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Meningkatkan Kekuatan Tubuh, Meningkatkan Kekuatan otot, berlatihan meningkatkan kemampuan otot, memperkuat tubuh,  Strength, latihan yang tepat untuk permainan bola basket dengan cara, usaha apa saja yang kita lakukan agar bisa pandai bermain basket, untuk bisa bermain basket apakah yang perlu kamu lakukan, apa yang sulit dalam permainan bola basket, trik basket melewati lawan, 7 teknik dasar bola basket, sebutkan latihan untuk meningkatkan kemampuan passing dribbling dalam permainan bola basket, 5 teknik dasar bola basket, apa yang dimaksud stationary dribble, latihan fisik basket, latihan basket tanpa bola, latihan dribbling bola basket, latihan dribble dengan dapat melatih, teknik dasar bola basket dan penjelasannya, Cara untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Bola Basket
Latihan Membentuk Otot Tubuh

Dalam permainan bola basket kekutan tubuh sangat lah berpengaruh besar dalam permainan. Dengan kekutan tubuh yang kuat pemain basket akan dengan mudah dalam berebut, beradu tubuh, dan untuk melakukan penetrasi ke dalam saat dalam permainan.

Salah satu latihan yang untuk meningkatkan kekuatan tubuh yaitu dengan melakukan latihan beban adalah alat yang efektif untuk menjadi kuat dan meningkatkan massa otot pada tubuh. Jika kalian memainkan posisi forward dan center, kalian pasti perlu meningkatkan kekuatan tubuh untuk bisa bersaing di area dalam permainan.

4. Meningkatkan Stamina

Meningkatkan Stamina, latihan Meningkatkan Stamina, menambah stamina, latihan stamina, latihan stamina untuk basket, latihan stamina dengan lari, stamina
Latihan meningkatkan stamina

Stamina juga salah satu komponen yang penting dalam permainan, karena stamina pasti akan berperan seberapa kuat dan tahan kalian dapat bermain di lapangan. Karena apabila seorang pemain memiliki stamina yang bagus, pasti akan bisa bermain dengan baik di dalam lapangan tanpa merasakan kelelahan yang berarti.

Kalian bisa melakukan latihan untuk meningkat kan stamina salah satunya melakukan latihan seperti road run, latihan ini efektif untuk membangun jantung untuk menempuh jarak dan daya tahan selama pertandingan.

5. Meningkatkan Dribbling

meningkatkan dribbling, meningkatkan dribbel, latihan dribbel, latihan dribbling, latihan dribbling bola basket, berlatih dribbling dalam bola basket, melatih dribbling dalam bola basket, dribbling, dribbel
Latihan Dribbling Bola Basket

Dribbling merupakan sebuah teknik dasar dalam bola basket yang harus bisa di kuasai oleh setiap pemain bola basket dalam posisi apa pun. Bahkan untuk olahraga bola basket di era moderen seperti ini pemain seperti center juga harus memiliki ball handling yang bagus untuk bisa bersaing di dalam lapangan.

Keterampilan dribbling ini dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik dan latihan menggiring bola yang berbeda. Ada 3 teknik dibbling: natural dribble atau dribble santai, control dribble atau dribbling rendah untuk mempertahankan penguasaan bola di bawah tekanan defensif, dan speed dribble atau menggiring bola dengan kecepatan maksimal. 

Latihan yang berbeda seperti up the ladder, squeeze the bananna, ball slap, rhythm drill, drop step, pass and catch, hot potato, sit dribbling, spider, dribble 8, figure 8, one leg, ball drop, dan around the world. Latihan ini tidak hanya berlaku untuk penangan bola. Mereka berlaku untuk semua posisi untuk meningkatkan kemampuan dribbling bagi pemain bola basket.

6. Meningkatkan Shooting 

meningkatkan shooting, berlatih shooting dalam bola basket, berlati shooting dalam bola basket, latihan shoot, latihan shooting, latihan shoting, latihan menembak dalam bola basket, james harden shooting
Latihan Shooting Bola Basket

Selain dribbling salah satu teknik dasar yang harus di kuasai dan ditingkatkan bagi para pemain bola basket yaitu shooting. Shooting adalah salah satu hal yang sangat penting untuk di kuasai agar bisa mencetak poin dalam permainan.

Seiring berkembangnya zaman di era bola basket moderen saat ini semua pemain dan semua posisi harus bisa melakukan shooting dari segala posisi. Bahkan untuk seorang center untuk saat ini juga harus bisa melakukan 3 points shoot untuk bisa menjadi pemain yang hebat dan dapat bersaing dengan pemain yang lain.

Untuk meningkatkan keterampilan menembak kalian juga melibatkan berbagai komponen seperti lompatan, bentuk tubuh, dan kekuatan yang benar. Ini dapat ditingkatkan dengan latihan terus-menerus. Menembak bola beberapa kali menggunakan satu bentuk meningkatkan peluang melakukan tembakan. Intinya adalah, jika kalian ingin meningkatkan tembakan, kalian harus berlatih, berlatih, dan berlatih lagi terus menerus untuk bisa menemukan posisi dan rilis yang tepat dalam menembak untuk bisa di jadikan sebuah kebiasaan seperti layaknya Stephen Curry.

Salah satu tips latihan menembak yang lain dari saya yaitu mulailah menembak dari jarak yang dekat dengan ring, rasakan dan perhatikan posisi dalam melakukan tembakan. Lakukan secara berulang-ulang dan rasakan.

Apabila dirasa sudah menemukan posisi yang tepat dan presentasi tembakan masuk sudah bagus mulailah untuk berpindah posisi yang lebih jauh.

7. Kemampuan Defense

meningkatkan defense, latihan defense dalam bola basket, berlatih defense, latihan defense, berlatih defense dalam bola basket, latian bertahan bola basket, defense, stephen curry, kawhi leonard, fred vanvleet
Defense Dalam Bola Basket

Dalam permainan bola basket defense merupakan kunci dari sebuah tim bola basket untuk bisa memperoleh kemenangan. Dengan defense yang bagus pasti akan memaksa pemain lawan tidak bisa mencetak poin dan menjadi frustasi dalam permainan. Karena suatu tim bola basket apabila memiliki defense yang bagus pastinya offense akan mengikuti dan menjadi bagus dan lebih tenang.

Meningkatkan pertahanan kalian sama pentingnya dengan meningkatkan kemampuan shooting dan dribbling ability. Ada berbagai cara untuk melakukan incone drills, stadium stairs, defensive slides, and jumping rope.

Iya, itulah 7 hal yang dapat meningkatkan pemainan bagi pemain bola basket. 7 hal ini harus di kuasai dan ditingkatkan untuk bisa meningkatkan kemampuan kalian dalam bermain bola basket. Dimana hal yang harus di tingkatkan yaitu kecepatan dan kelincahan, lompatan, kekuatan tubuh, stamina, dribbling, shooting, dan defense, yang dapat berpengaruh besar dalam permainan kalian dalam lapangan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: