Widget HTML #1

Seni Bela Diri China Selain Kung Fu

Seni Bela Diri Kung Fu, Tendangan, Asia, aliran kungfu paling hebat, apa itu kungfu, bela diri cina, bela diri kungfu, beladiri kungfu, beladiri taichi, jurus kungfu, jurus kungfu shaolin, kungfu adalah, nama nama bela diri, seni bela diri wushu, teknik kungfu, eni bela diri cina tts, seni bela diri wushu, olahraga yang berasal dari china, seni bela diri yang berasal dari indonesia adalah, seni bela diri jepang, aliran kungfu terkuat, seni bela diri berasal dari negara, bela diri pertama di dunia
Chinese Martial Arts || Source: Pixabay

Seni Bela Diri China. Seni bela diri adalah sebagai satu kesenian yang muncul sebagai satu langkah seorang untuk menjaga atau untuk membela diri. Seni bela diri sudah lama ada dan berkembang dari periode ke periode. Pada intinya, manusia memiliki naluri selalu untuk membuat perlindungan diri dan hidupnya.

Salah satu negara yang memiliki seni bela diri yang populer yaitu seni bela diri yang berasal dari negara China. Seperti yang sering ada didalam cerita-cerita film, China digambarkan memiliki berbagai seni bela diri yang luar biasa dan menjadikan hal tersebut sebagai materi utama di film tersebut.

Seni bela diri China, kerap disebutkan dengan istilah umum kung fu dan Thong Fu, kuoshu, atau wushu, ialah beberapa gaya bertarung yang sudah berkembang sepanjang beratus-ratus tahun di Tiongkok Raya. Gaya bertanding ini kerap dikelompokkan menurut beberapa ciri umum, yang diidentifikasi sebagai "keluarga" seni bela diri.

Bahkan di penjuru dunia, seni bela diri Cina benar-benar populer dan disegani. Cina ialah perintis seni bela diri, mendapati beberapa style yang sangat baik. Walau Kung Fu ialah seni bela diri Cina yang terpopuler, tetapi masih ada berbagai seni bela diri lainnya yang serupa bagusnya.

Berikut ini, kita akan menyaksikan beberapa seni bela diri Tiongkok lainnya yang tidak demikian dikenali seperti Kung Fu.

Seni Bela Diri HSING-I

HSING-I sebenarnya salah satu gaya internal Kung Fu, sangat erat hubungannya dengan Tai Chi. Ini mengajarkan siswa untuk menundukkan tubuh mereka, menciptakan gerakan yang kuat dengan sedikit energi. HSING-I tidak begitu terkenal, meskipun sangat kuat dan terkenal di seluruh China. Amerika Serikat dan daerah lain tidak begitu akrab dengannya, dengan sedikit atau tidak ada sekolah atau dojo di luar sana yang mengajarkannya.

Sama seperti Tai Chi, HSING-I memiliki akar yang dalam dalam pengobatan Tiongkok dan persepsi Tiongkok tentang alam. Pukulan yang berasal dari HSING-I berasal dari lima elemen Cina yaitu logam, api, tanah, air, dan kayu. Serupa dengan bentuk-bentuk lain yang berasal dari Kung Fu, HSING-I menawarkan gerakan kompleks seperti tarian yang diadaptasi dari cara hewan bereaksi dan bergerak. 

Karena latihannya sangat menuntut dan ketat, dan latihan pernapasannya sangat menuntut, mereka yang berlatih seni bela diri ini memiliki keterampilan fisik yang menakjubkan dan daya tahan yang luar biasa.

Seni Bela Diri Tai Chi

Bagi mereka yang tinggal di luar China, Tai Chi lebih menyerupai sebuah tarian. Gerakan lambat dan tenang yang diajarkannya seimbang dan tepat, dilakukan saat stylist dalam keadaan relaksasi yang dalam. Saat dalam keadaan relaksasi yang dalam ini, penata gaya akan sepenuhnya menyadari apa yang dia lakukan dan gerakannya, meskipun dia akan terlihat oleh orang-orang di sekitarnya untuk tidur.

Pada realitanya, Tai Chi ialah latihan energi yang meningkatkan kekuatan, stamina, dan elastisitas. Dengan menggunakan keadaan relaksasi yang mendalam, Tai Chi memungkinkan penata untuk mendapatkan manfaat secara emosional dan spiritual juga. Tai Chi juga menggunakan kondisi mediasi yang dalam, membantu stylist untuk belajar bagaimana mencapai tingkat kedamaian yang tinggi.

Seni Bela Diri Cina

Meskipun Kung Fu adalah seni bela diri terbaik di Cina, ada banyak bentuk dan gaya berbeda yang berasal darinya. Ada juga gaya Shaolin, yang juga menawarkan beberapa gaya Kung Fu yang berbeda, termasuk "sistem 5 hewan" yang terkenal di dunia. Sistem lima hewan adalah salah satu yang paling populer di Cina dan terkenal di seluruh dunia karena teknik menghancurkan dan kekuatan luar biasa mereka saat digunakan dalam pertempuran.

Selain Kung Fu, HSING-I dan Tai Chi adalah seni bela diri hebat yang membantu melatih ketahanan dan fleksibilitas. Banyak pelajar Kung Fu di China memutuskan untuk mempelajari salah satunya seni ini, karena menolong menambahkan kekuatan fisik dan emosional mereka. 

Siswa yang belajar Tai Chi atau HSING-I serta Kung Fu, memiliki tingkat ketahanan dan spiritualitas yang lebih tinggi yang tidak dapat ditandingi.

Di seluruh dunia, Cina terkenal dengan seni bela diri. China membawa Kung Fu dan Tai Chi ke dunia yang disebut suatu hal yang kita syukuri. Meskipun Jepang menawarkan perpaduan seni bela diri yang unik, banyak yang menganggap Cina sebagai bapak pendiri seni bela diri

Orang Cina telah menggunakan seni bela diri selama ratusan tahun, menunjukkan betapa dominannya seni bela diri sebagai sarana pertahanan diri dan cara menjalani hidup dengan damai. 

Iya, sedikit pembahasan tentang seni bela diri China selain Kung Fu yang tidak begitu dikenal diluar China namun memiliki seni bela diri yang tidak kalah kuatnya dengan Kung Fu dan masih memiliki suatu kesamaan dengan seni bela diri Kung Fu. Semoga bermanfaat.

Baca juga: